Artidjo Alkostar Pimpin Majelis PK Ahok, Begini Rekam Jejaknya

Estimasi Baca :

Dok. Hakim Agung Artidjo Alkostar, Foto: Antaranews.com - Kriminologi.id
Dok. Hakim Agung Artidjo Alkostar, Foto: Antaranews.com
Artidjo Alkostar merupakan hakim yang ditakuti para koruptor.

Kriminologi.id - Mahkamah Agung (MA) telah menerima berkas Peninjauan Kembali (PK) kasus penistaan agama yang diajukan terpidana Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Berkas perkara Ahok itu teregister dengan Nomor 11 PK/Pid/2018 tertanggal 7 Maret 2018.

Juru Bicara MA, Suhadi mengatakan lembaganya juga telah menunjuk 3 hakim agung untuk memeriksa PK tersebut, yaitu Artidjo Alkostar sebagai ketua majelis didampingi Salman Luthan dan Sumardiyatmo sebagai anggota.

"Selanjutnya kita tunggu perkembangan pemeriksaan majelis," kata Suhadi dalam rilis yang disampaikan kepada Kriminologi.id di Jakarta, Kamis, 15 Maret 2018.

Baca: PK Ahok Penuhi Syarat, Putusan Segera Keluar

Sosok Artidjo dikenal memiliki rekam jejak yang panjang. Menjadi hakim agung sejak tahun 2000, Artidjo kini dipercaya menjadi ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung sejak tahun 2014.

Pria berkacamata kelahiran Situbondo, Jawa Timur ini merupakan alumnus Fakultas Hukum UII angkatan 1976 dan dikenal sebagai advokat pembela rakyat. Ia pernah menjadi Direktur LBH Yogyakarta kurun waktu 1983-1989.

Artidjo juga pernah menempuh pendidikan untuk pengacara mengenai Hak Asasi Manusia di Columbia University selama enam bulan. Ia juga bekerja di Human Right Watch divisi Asia di New York selama dua tahun.

Sebagai seorang advokat, beberapa kasus penting pernah ditanganinya yakni Anggota Tim Pembela Insiden Santa Cruz di Dili (Timor Timur 1992), dan Ketua Tim Pembela gugatan terhadap Kapolri dalam kasus Pelarungan Darah Udin (wartawan Bernas Fuad M Syafruddin).

Baca: Jaksa: Dasar Ahok Ajukan PK Tak Relevan, Putusan Hakim Sudah Benar

Penunjukan Artidjo sendiri menjadi perhatian publik. Artidjo Alkostar merupakan hakim yang tergolong 'keras' kepada koruptor. Sederet nama besar pernah berhadapan dengannya mulai dari Luthfi Hasan Ishaaq, Angelina Sondakh, Akil Mochtar, hingga Anas Urbaningrum. 

Terakhir yang berhadapan dengan Artidjo adalah pengacara senior Otto Cornelis Kaligis. Dari seluruh nama-nama itu, Artidjo menjatuhi hukuman penjara lebih lama ketimbang putusan di pengadilan tingkat pertama.

Lalu bagaimana dengan nasib PK Ahok? Kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur mengaku tak mau berkomentar banyak terkait penunjukan Artidjo untuk menangani PK kliennya. Josefina mengatakan ia sebagai kuasa hukum hanya berpasrah kepada Tuhan.

"Kami tidak ada tanggapan apa-apa. Kami hanya berserah pada Tuhan saja," singkat pengacara asal Manggarai, NTT ini saat dihubungi Kriminologi.id. RZ

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Artidjo Alkostar Pimpin Majelis PK Ahok, Begini Rekam Jejaknya

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu