Babchenko, Wartawan Rusia yang Dibunuh di Ukraina Mantan Tentara

Estimasi Baca :

Dok. Arkady Babcenko. Foto: Arkady Babcenko/Facebook  - Kriminologi.id
Dok. Arkady Babchenko. Foto: Arkady Babcenko/Facebook

Kriminologi.id - Seorang wartawan Rusia yang bekerja untuk stasiun televisi Ukraina, ATR, Arkadiy Babchenko (41), tewas di Ibu Kota Ukraina, Kiev, Selasa, 29 Mei 2018. Babchenko ditemukan berlumur darah di pintu masuk ke blok flat oleh istrinya. Ia mengalami luka di bagian punggung dan meninggal di dalam ambulans dalam perjalanan ke rumah sakit.

Dikutip dari berbagai sumber, Babchenko keluar dari flat tempat tinggalnya untuk membeli roti. Sementara pelaku pembunuhan sudah menunggunya di dekat flat.

Kepala Polisi Kiev Andriy Kryschennko, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Rabu, 30 Mei 2018, mengatakan kepada media setempat bahwa kegiatan Babchenko sebagai wartawan akan selidiki untuk mengetahui motif pembunuhan itu.

Dilansir dari BBC, Rabu, 30 Mei 2018, ketika belajar hukum di Moskow pada usia 18 tahun, Babchenko didaftarkan sebagai tentara Rusia dan bertugas selama perang Chechnya dari 1994-2000.

Babchenko berubah menjadi kritis terhadap pemerintah Rusia dan berpartisipasi dalam gerakan oposisi. Babchenko telah bekerja sebagai koresponden perang di Moskovsky Komsomolets dan beberapa media lain yang berpusat di Moskow. 

Ia pindah dari Moskow ke Ibu Kota Republik Ceko, Praha, pada Februari 2017, dengan alasan ancaman yang tidak ia jelaskan. Pada Agustus 2017, Babchenko ke Kiev.

Dalam posting terakhirnya di akun Facebook beberapa jam sebelum serangan yang menewaskan itu. Babchenko memposting sebuah peristiwa empat tahun lalu. Dia menulis bahwa dia berencana terbang bersama tentara Ukraina dengan helikopter di zona perang di timur Ukraina.

Namun Dia tidak diizinkan naik, karena sudah melebihi kapasitas. Nahas, helikopter itu ditembak jatuh oleh pemberontak pro-Rusia, menyebabkan 14 orang tewas.

Babchenko dikenal sebagai penulis beberapa buku dengan tema militer, dan telah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa. Pembunuhan Babchenko menandai pembunuhan kedua wartawan yang terkenal di Kiev dalam waktu kurang dari dua tahun.

Pada Juli 2016, Pavel Sheremet --yang bekerja untuk harian investigasi daring Ukrainske Pravda-- tewas dalam satu ledakan mobil di pusat Ibu Kota Ukraina, Kiev. 

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Babchenko, Wartawan Rusia yang Dibunuh di Ukraina Mantan Tentara

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu