Dephub.go.id

Cek Rem, Resep Menhub Budi Karya Turunkan Angka Kecelakaan Mudik 2018

Estimasi Baca:
Selasa, 5 Jun 2018 09:35:29 WIB

Kriminologi.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi punya resep jitu untuk mengurangi angka kecelakaan pada saat arus mudik dan libur hari raya lebaran. Resep itu adalah melakukan razia pengecekan kelayakan rem yang ada di kendaraan.

"Senjata saya adalah rem cek. Pada saat mudik dan wisata, tak boleh jalan tanpa rem cek," kata Budi dalam diskusi usai berbuka puasa dengan Pemimpin Redaksi media  yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, Senin, 4 Juni 2018.

Budi menuturkan, potensi kecelakaan di jalur darat pada periode arus mudik maupun libur hari raya tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Untuk lokasi kecelakaan pada periode arus mudik, potensi terbanyak terjadi kecelakaan masih didominasi oleh jalur-jalur utama yang digunakan untuk arus mudik.

Sedangkan potensi kecelakaan pada saat libur lebaran paling banyak berada di lokasi yang dekat dengan tempat wisata.

"Penyebabnya rem blong, itu masih seperti tahun lalu," kata Budi.

Budi menambahkan, pelaksaan pengecekan rem itu akan dilakukan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) di masing-masing daerah. Petugas Dishub akan melakukkan razia terhadap kendaraan yang mengangkut para pemudik. 

Menurut Budi, tidak semua kendaraan akan terkena razia. Tetapi razia akan dilakukan secara random dengan sasaran utama adalah bus dan truk-truk pengangkut barang yang melintas di jalur-jalur arus mudik dan kawasan wisata.

Budi menuturkan dua wilayah kerja telah diminta untuk memulai prosedur pengecekan rem tersebut.

"Saya sudah minta Dishub Jabar dan Jatim untuk razia rem cek," tutur mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini.

Menurut Budi, pengecekan rem ini bukan baru pertama kali dilakukan. Resep ini telah dicoba pada periode mudik tahun 2017 lalu setelah ia dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Perhubungan menggantikan Ignatius Jonan. 

Budi punya alasan tersendiri di balik resep pengecekan rem yang akan kembali dilakukan pada tahun ini.

Menurut Budi, tim Litbang di Kementerian Perhubungan telah melakukan penelitian terkait hal ini dan menemukan hasil bahwa pengecekan rem ternyata mujarab untuk menurunkan angka kecelakaan di jalur darat.

"Turunnya angka kecelakaan 30 persen diantaranya karena rem cek ini," ujar Budi.

Karena itu Budi mengaku optimis, razia pengecekan rem yang akan dilakukan jajaran Dishub pada periode arus mudik dan libur lebaran tahun ini akan menuai keberhasilan menurunkan angka kecelakaan di darat.

"Kalau ini dilakukan apalagi terhadap semua (kendaraan), saya pastikan kecelakaan semestinya turun," ujar alumnus Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada ini.

Reporter: Reza Yunanto
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500