Derita Sofyan Tsauri Mantan Napi Teroris, Dikucilkan dan Diserang

Estimasi Baca :

Dok. Sofyan Tsauri. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Dok. Sofyan Tsauri. Foto: Ist/Kriminologi.id
Sebelum menjadi penceramah, Sofyan Tsauri mengaku sempat mencoba peruntungan dengan menjadi seorang wirausaha dengan menjual air soft gun.

Kriminologi.id - Kehidupan Sofyan Tsauri seakan berubah 180 derajat. Setidaknya itu terjadi ketika nama mantan narapidana kasus tindak pidana terorisme disebut Rizieq Shihab. 

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu menuding Sofyan sebagai intel polisi yang disusupkan ke kelompok Islam. Bahkan Rizieq menuduh Sofyan ikut menyebarkan paham radikal atau teroris.

Buntutnya, Sofyan tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran. Hal itu diungkapkan mantan anggota Sabhara Polri itu saat dihubungi Kriminologi.id, Selasa, 22 Mei 2018.

"Aktivitas saya ya di rumah saja mas, enggak ada kerjaan. Ya saya pengangguran," katanya. 

Ia menceritakan, kehidupannya sebagai mantan napi kasus terorisme seperti dikucilkan masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari usahanya yang mencoba mencari penghasilan tetap, namun selalu mentok.

"Teroris mana bisa laku kerja, mau kerja di mana, kan enggak bisa," ujarnya.

Kendati demikian, ia masih menaruh harapan besar kepada kaum Muslimin yang masih percaya dengan dirinya. Yakni dengan memberikan kesempatan dirinya menunjukkan telah berubah. Selain itu, diberi kesempatan untuk mengisi kegiatan keagamaan sebagai pembicara atau penceramah.

"Mungkin kalau ada kaum Muslimin yang masih percaya saya ya kan, mereka undang saya ceramah, ya saya ceramah gitu aja," katanya penuh harap. 

Dok. Sofyan Tsauri, mantan narapidana teroris. Foto: Walda Marison/Kriminologi.id
Dok. Sofyan Tsauri, mantan narapidana teroris. Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

Sebelum menjadi penceramah, Sofyan mengaku sempat mencoba peruntungan dengan menjadi seorang wirausaha. Ia mengungkapkan sempat berjualan airsoft gun, baik dari yang mainan maupun yang asli. Namun saat ini usahanya mengalami kebangkrutan.

"Dulu itu saya punya usaha ya, terus usaha saya sekarang bangkrut lah. Usaha saya itu ya jualan mainan airsoft gun gitu," ucapnya.

"Airsoft gun yang asli saya juga sempat jualan dulu. Dan pas jualan airsoft gun yang asli itu waktu saya sudah ketangkep kan. Makanya sebabnya saya ketangkap itu saya jualan airsoft gun yang asli itu," tuturnya. 

Selain itu, Sofyan juga mengatakan saat ini dirinya tinggal di rumahnya yang berlokasi di kawasan Cimanggis, Kota Depok bersama istri dan kelima anaknya. 

"Banyak anak saya mas, ada lima, tiga laki-laki dan dua perempuan," ujarnya.  DP

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Derita Sofyan Tsauri Mantan Napi Teroris, Dikucilkan dan Diserang

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu