Kapolda NTB Baru Brigjen Achmat Juri, Pidato Soroti Ancaman Teroris

Estimasi Baca :

Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri (09/04/2018). Foto: Humas Polda Malut - Kriminologi.id
Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri (09/04/2018). Foto: Humas Polda Malut

Kriminologi.id - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat atau Kapolda NTB baru, Brigjen (Pol) Achmat Juri, yang menggantikan posisi Brigjen Firli menyoroti ancaman teroris yang menganggu situasi keamanan saat pidato di upacara farawell and come parade Kapolda Maluku Utara menggantikan pejabat lama, Brigjen Pol Drs Tugas Dwi Apriyanto, pada 10 Juli 2017.

Belum setahun menakhodai Maluku Utara, lulusan Akademi Polisi tahun 1987 ini dipercaya Kapolri Jenderal Tito Karnavian menduduki posisi kosong sebagai Kapolda NTB yang ditinggalkan Brigjen Firli, pejabat sebelumnya yang dilantik menjadi Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Selain teroris, kita juga mengantisipasi peredaran gelap narkoba, konflik komunal dangan berbagai latar belakang seperti permasalahan adat, sangketa lahan, tapal batas, pemekaran wilayah dan gesekan lainya yang sering terjadi," tegas Achmat Juri dalam pidato pertamanya sebagai Kapolda Malut seperti dilansir RRI.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara, pria kelahiran Demak, Jawa Tengah, itu menduduki jabatan Kepala Kesekretariatan Kompolnas RI. Achmat jugga pernah menjabat sebagai perwira menengah di jajaran Polda Jawa Barat, Polda Kalimantan Selatan dan Polda Bali.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui surat telegram (STR) dengan nomor: ST/964/IV/KEP/2018 tertanggal 8 April 2018 Brigjen (Pol) Achmad Juri dimutasikan dengan jabatan baru sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggantikan Brigjen (Pol) Firli dengan jabatan baru sebagai Deputi Penindakan KPK.

Dan jabatan Kapolda Malut diisi oleh Muhammad Noufal Yahya dengan jabatan sebelumnya Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim). 

Selain Kapolda Malut, terdapat beberapa perwira menegah (Pamen) Polda Malut yang ikut tergeser di antaranya, AKBP Bambang Wiriawan dengan jabatan lama Kapolres Halbar diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadir Polair Bali, sementara Jabatan Baru Kapolres Halbar di Jabat oleh Kasubdit II Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Malut AKBP Deny Harianto.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar membenarkan adanya STR yang dikeluarkan Mabes Polri tersebut. Hendry menuturkan, secara formal serah terima jabatan (Sertijab) itu selama 14 hari ke depan terhitung pascakeluarnya STR.

Dan ini akan di laksankan di markas besar (Mabes) Polri bersama dengan pejabat-pejabat lainya.

"Sertijab bakal dilakukan di Mabes Polri bersama dengan pejabat lainya," ujar AKBP Hendry Badara Ketika di Konfirmasi Reporter RRI, Minggu, 8 April 2018.  MSA

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Kapolda NTB Baru Brigjen Achmat Juri, Pidato Soroti Ancaman Teroris

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu