Komjen Pol Syafruddin dilantik menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (15/08/2018). Foto: Setkab.go.id

Komjen Syafruddin Jabat Menteri, Pengganti Wakalpori Belum Ada Putusan

Estimasi Baca:
Rabu, 15 Ags 2018 16:30:03 WIB

Kriminologi.id - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). 

Presiden Joko Widodo telah melantik jenderal bintang tiga emas itu di Istana Negara, Jakarta,  Rabu, 15 Agustus 2018. Namun kursi Wakapolri yang ditinggalkan Syafruddin masih kosong. 

"Sampai saat ini belum ada keputusan karena jabatan wakapolri adalah murni hak prerogratif pak kapolri, tapi kami prediksi dalam waktu dekat akan segera menunjuk siapa wakapolri yang akan mendampingi beliau," ujar Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Muhammad Iqbal, Rabu, 15 Agustus 2018. 

Iqbal menambahkan Komjen Syafruddin telah melayangkan surat pengunduran diri ke Mabes Polri sebelum diangkat sebagai menteri. Syafruddin juga bakal akhir masa tugasnya pada Mei 2018. 

"Mekanisme jabatan sudah dilakukan kemarin (Selasa, 14/08/2018) dimana pak wakapolri sudah melayangkan surat pengunduran diri (pensiun dini) selaku anggota Polri dan otomatis juga jabatan wakapolri sudah tidak melekat pada beliau," ujar Iqbal.

Sementara itu, beredar kabar kuat bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz akan mengisi kekosongan posisi Wakapolri sepeninggal Syafruddin. Ia juga belum bisa memastikan hal tersebut.

"Silakan saja ada yang berasumsi atau menerka, tapi saya selaku juru bicara Polri mengatakan belum tahu siapa yang akan menjadi wakapolri nanti," imbuh Iqbal.

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500