Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra (23/04/2018). Foto: Facebook Andi Chandra

Kompol Andi Chandra Berpengalaman di Dunia Pendidikan Kepolisian

Estimasi Baca:
Senin, 23 Apr 2018 11:21:12 WIB

Kriminologi.id - Wakil Kepala Kepolisian Resor Labuhanbatu, Sumatera Utara, Kompol Andi Chandra, merupakan perwira menengah berpengalaman di dunia pendidikan kepolisian. 

Sepanjang kariernya, lulusan Akademi Polisi (Akpol) ini lebih banyak bertugas di Lembaga Pendidikan Kepolisian Republik Indonesia (Lemdikpol). Lebih dari separuh masa dinas Andi dijalani di dunia pendidikan kepolisian. 

Berdasarkan data yang dihimpun Kriminologi.id dari berbagai sumber, Pria kelahiran Nagori Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun ini sudah 14 tahun menjalani profesi di korps baju cokelat.

Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra
Wakapolres Pelabuhanbatu Kompol Andi Chandra (kiri) bersalaman komando dengan Kapolres AKBP Frido Situmorang. 

Tidak lebih dari 5 tahun, dirinya bertugas di lapangan. Sisanya Andi lebih banyak bertugas di Akademi Polisi (Akpol). 

Andi dipercaya mengemban tugas di Lemdikpol sejak April 2012 hingga Oktober 2017 sebagai Perwira Menengah (Pamen), di Lemdiklat Polri. 

Tugas Andi di Lemdikpol itu merupakan yang kedua kalinya di Bulan April Tahun 2012. Sebelumnya, Tahun 2006 hingga 2009, menjadi awal bertugas di Lemdikpol. Tugas ini diemban setelah lulusan Akpol tahun 2004 itu ditugaskan sebagai Ka SPK I Polda Riau. 

Pada tugas kedua kalinya itu, April 2012, Andi sebagai Kasattar TK I/Angkatan 47 Korbintarsis Ditbintarlat Akpol Lemdikpol. Amanah itu dijalaninya selama tiga tahun.

Pada Juni 2015 Andi dipercaya memegang jabatan Paur Binjas Dit Akademik Akpol Lemdikpol. Karier kedinasannya terbilang moncer.

Dua tahun setelah menjabat Paur Binjas, Andi diangkat menjadi Perwira Menengah (Pamen), di Lemdiklat Polri. Lulusan SMA Taruna Nusantara ini lepas dari dunia Lemdikpol dan bergabung dengan Polda Sumut pada Oktober tahun 2017.

Awal tahun 2018, Andi diangkat sebagai Wakapolres Labuhanbaru menggantikan Kompol Tris Lesmana Zeviansyah. 

Saat bertugas di Lampung, tahun 2010, Andi sempat menjadi Kaur Standarisasi Subbidwabprof Bidpropam pada Februari 2011. Lalu didapuk menjadi Kapolsek Candi Puro Polres Lampung Selatan pada Oktober 2011.

Kompol Andi Chandra asal Semarang ini melepas masa lajangnya dengan Rina Chandra pada 25 Oktober 2008. Andi dan Rina lalu dikaruniai dua orang anak, yakni seorang perempuan dan laki-laki.

Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra ditemukan sudah tidak bernyawa di perairan Sei Berombang, Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. 

Ia tewas usai kapal cepat (speed boat) yang ditumpanginya tenggelam usai menabrak tangkul beting, alat tangkap ikan tradisional, di perairan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Sebelumnya pada Sabtu, 21 April 2018 Wakapolres Labuhanbatu Andi Chandra, Kasat Intel, Kasat Lantas bersama personel lainnya menumpangi speed boat usai menghadiri pesta pernikahan anak kedua Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap di Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir.

Dalam perjalanan pulang itulah peristiwa nahas terjadi. Para penumpang speed boat terlempar di perairan Sei Berombang tersebut. Semua penumpang kapal berhasil selamat kecuali Wakapolres Andi yang kemudian hilang.

Reporter: Syahrul Munir
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500