Suharto alias Alex korban tewas yang ditemukan di Sumedang. Foto: Ist/Kriminologi.id

Sosok Alex Sopir Taksi Online, Pengurus Komunitas White Car Indonesia

Estimasi Baca:
Senin, 13 Ags 2018 11:40:46 WIB

Kriminologi.id - Soeharto alias Alex, sopir taksi online yang menjadi korban pembunuhan dan jasadnya ditemukan di lahan Perhutani, Sumedang, Jawa Barat, diketahui merupakan pengurus elite komunitas White Car Indonesia (WCI) Regional Betawi selama tiga tahun terakhir.

Alex menjadi Ketua Bidang Kegiatan WCI Regional Betawi, komunitas otomotif kendaraan minibus putih tersebut. 
 
"Beliau (Soeharto alias Alex) memang betul anggota kami, sudah dari tahun 2015 bergabung dengan kami. Beliau merupakan anggota aktif di komunitas kami," ucap Ketua Komunitas WCI Sarief kepada Kriminologi.id saat dihubungi, Senin, 13 Agustus 2018.

Sarief menuturkan bahwa sosok pria yang dikenal dengan panggilan Alex itu bergabung dalam komunitas yang dibawa salah seorang rekannya yang terlebih dahulu bergabung dengan WCI. 

Sayangnya, Sarief menyebut bahwa dirinya tak mengingat nama rekan dari Alex yang mengajaknya bergabungan. Dengan alasan, sosok Alex yang memiliki banyak teman dekat di komunitas itu.

"Saya kurang ingat kapan waktu pastinya tapi memang sudah tiga tahun lalu. Beliau diajak temannya untuk bergabung dengan kami. Untuk nama rekannya itu saya juga kurang ingat ya," kata Sarief.

Sarief menjelaskan peran Alex di komunitas ini bertanggungjawab setiap kegiatan, seperti kumpul acara anggota atau kegiatan sosial. 

Akan tetapi, kegiatan itu hanya diikuti oleh anggota regional Jakarta. Sedangkan kegiatan yang mengumpulkan seluruh anggota komunitas digelar oleh pengurus pusat WCI.  

"Beliau ini yang mengatur semua acara atau kegiatan di komunitas. Makanya beliau ini temasuk anggota yang aktif," kata Sarief.

Sebelumnya diberitakan, Suharto alias Alex ditemukan tewas di lahan Perhutani, Jalan Buahdua Sanca Blok Perhutani, Blok Cinambo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 1 Juli 2018. 

Saat ditemukan, korban mengenakan kaos warna putih hitam bertuliskan Senior High School Bani Taowa Bekasi. Korban mengenakan bawahan celana jeans hitam. 

Menurut keterangan dari para saksi, Alex bukanlah mitra dari taksi daring Grab Car. Korban meminjam akun rekannya untuk menjalankan usaha Grab Car. Selain meminjam akun temannya, Alex juga meminjam mobil tersebut dari tetangganya

Kini polisi telah menangkap dua dari tiga pelaku pembunuhan itu. Kedua tersangka yang diketahi bernama Lutfi dan Ripin itu berperan sebagai sosok yang menganiaya Alex hingga meregang nyawa. 

Meski telah menangkap dua tersangka, polisi masih memburu sati tersangka lainnya bernama Tono yang digadang-gadang merupakan otak pembunuhan itu.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500