ugm.ac.id

Sosok Anwari, Dokter Koboi Pelaku Penembakan di Gandaria City

Estimasi Baca:
Senin, 9 Okt 2017 11:50:37 WIB

Kriminologi.id - Nama Anwari Kertahusada mendadak tenar setelah ramai pemberitaan aksi penembakan di Gandaria City. Dokter spesialisasi kedokteran fisik dan rehabilitasi itu oleh kepolisian telah ditetapkan sebagai tersangka setelah diketahui melakukan penganiayaan petugas parkir dan mengumbar tembakan di parkiran mal Gandaria City, Jumat malam, 6 Oktober 2017.

Sebagai dokter senior, Anwari memiliki rekam jejak yang panjang. Berikut penelusuran yang dilakukan Kriminologi terhadap sosok Anwari.

Baca: Bogem dan Main Tembak di Gandaria City, Dokter Koboi Jadi Tersangka

Anwari adalah dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro puluhan tahun yang lalu. Ia lalu mengambil spesialisasi di bidang kedokteran fisik dan rehabilitasi. 

Di pengujung perjalanan akademisnya, Anwari memperoleh gelar doktor dari Universitas Gadjah Mada pada 2015 setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul Pelanggaran Etika Kedokteran dalam Hubungan dengan Pelanggaran Disiplin dan Hukum. 

Jika ditulis lengkap nama beserta gelar akademisnya adalah Dr. dr. Anwari H. Kertahusada Sp.KFR., MARS., MHkes., SH.

Baca: Dokter Koboi di Gandaria City, dari Mana Anwari Punya Senpi?

Sebagai dokter, Anwari tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Cabang Jakarta. Dalam perjalanan karirnya sebagai anggota organisasi profesi para dokter itu, Anwari pernah dipercaya sebagai Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran Indonesia.  

Ia tercatat pernah berpraktek di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, dan Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Rumah Sakit dr. Suyoto. Meski telah pensiun dari instansi pemerintahan itu, Anwari masih menjalani praktek sebagai dokter. Ia memiliki klinik bernama Klinik Spesialis Kerta Medika yang berlokasi di Bintaro, Jakarta Selatan. 

Anwari kini telah ditahan aparat kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Polisi telah menyita senjata api yang digunakan Anwari saat mengumbar tembakan di Mal Gandaria City. Kasusnya kini ditangani oleh Polres Jakarta SelatanRZ

Reporter: Reza Yunanto
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500