Sosok Ketua Panwaslu Garut, Sebelum Kena OTT Suap Teriakkan Keadilan

Estimasi Baca :

Ketua Panwaslu Garut Heri Hasan Basri berswa foto di Menara Pandang Tele Samosir, Sumatera Utara (26/02/2018). Foto: Ist/Facebook Heri Hasan - Kriminologi.id
Ketua Panwaslu Garut Heri Hasan Basri berswa foto di Menara Pandang Tele Samosir, Sumatera Utara (26/02/2018). Foto: Ist/Facebook Heri Hasan

Kriminologi.id - Ketua Panwaslu Garut Heri Hasan Basri terkena operasi tangkap tangan (OTT) tim gabungan dari Satuan Tugas Anti Money Politic Bareskrim Polri bersama Satgasda Jabar dan Polres Garut, pada Sabtu, 24 Februari 2018. Heri menyuarakan tegakkan keadilan di Pilkada Garut 2018 sebelum kena OTT. 

Heri dijemput di kantornya karena terbukti menerima suap dari Soni Sondani, salah satu tim sukses calon Bupati Garut melalui jalur independen. Heri tidak sendiri, tim gabungan juga mengamankan Komisioner KPU Daerah Garut, Ade Sudrajad dengan kasus yang sama. 
  
Penangkapan Ketua Panwaslu Heri ini sangat menarik jika menyimak celotehannya di media sosial facebook pribadinya. Heri Hasan, facebook pribadi Heri menyuarakan kepada publik untuk menengakkan keadilan di Pilkada Garut 2018. 

Selain berteriak tegakkan keadilan, Heri juga mengajak masyarakat Garut untuk mengawasi pemilu. 

Baca: Polisi OTT Ketua Panwaslu dan Komisioner KPU Garut

Ketua Panwaslu Garut Heri Hasan Basri

Bersama Rakyat Garut Awasi Pemilu, Bersama Panwaslu Tegakan Keadilan Pemilu di Kabupaten Garut. Demikian tulisan terakhir dalam dinding Facebook Heri pada tanggal 6 Februari 2018. 

Pada celotehannya itu, Heri melengkapi dengan mengunggah foto kegiatan Panwaslu, Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), di Banyu Alam, 6 Januari 2018. Dalam foto itu, Heri terlihat di bangku depan nomor dua dari kanan. 

Celotehan ini mendapat respons 72 kali dengan mengirim logo jempol. Hanya saja, satu dari tiga komentar menggelitik dengan status ketua panwaslu itu. Adalah Irwan Wijaya, yang berkomentar agar melibatkan rakyat untuk menegakkan keadilan pemiluk sehingga tidak ada saling curiga. 

Irwan Wijaya Awasi pemilu rakyat di libatkan biar tak ada dusta di antara kita ??? 

Baca: Ketua Panwaslu dan Komisioner KPU Garut Disuap Tim Sukses Soni Sondani

Heri terbilang sosok ketua kekinian yang eksis di media sosial. Hampir semua kegiatan dirinya berkaitan dengan Pemilu dilaporkannya ke warganet melalui medsos pribadinya. 

Ketua Panwaslu Garut Heri Hasan Basri

Misalnya pada kegiatan awal tahun 2018, Heri mengunggah kegiatan Rakor Kesiapan PAM Pilkada Serentak tahun 2018. Dalam laporannya, Heri merinci rakor itu juga dihadiri Ketua KPU Garut, Ketua Bawaslu Garut, Kapolres, dan Kajari. 

Pria yang menuliskan pada kolom pendidikan pernah belajar di Universitas Gajah Mada (UGM) D-II itu terlihat pamer terkait keseharian yang dijalaninnya. Beberapa tokoh daerah yang bertemu di kegiatan diajak foto bersama yang kemudian menjadi pengisi medsos pribadinya. 

Seperti saat dirinya berpose bersama Ibu Camat Cisompet saat mengikuti kegiatan Dialog Kebangsaan pada 6 Desember 2017. Heri mengenakan kemeja panjang dengan pin di dada kiri atas berpoto bersama Ibu Camat yang berseragam putih-hitam dan balutan manis kerudung berwarna putih.     

Baca: Video Penangkapan Ketua Panwaslu Garut Terkait Suap Pilkada

Polisi OTT Ketua Panwaslu Garut, Heri Hasan Basri (kanan) di kantor Panwaslu Garut (24/02/2018)

Selain kegiatan pemilu, Heri juga menunjukkan kepada warganet kalau dirinya aktif di organisasi Banser NU (Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama). Lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Garut tahun 1999 itu mengunggah foto dirinya mengenakan jas hijau seragam Banser NU dengan latar belakang anggota Banser mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL) dilengkapi baret hitam. 

Bukan hanya kegiatan organisasi yang dilaporkan ke media sosial pribadinya. Kegiatan wisata pun tak terlewatkan. Seperti saat berpose di Menara Pandang Tele Samosir, Sumatera Utara. Heri mengenakan kaos santai dengan tasbih kayu yang dikalungkan ke lehernya. 

Pencitraan penegakkan keadilan di media sosial bertolak belakang dengan fakta lapangan. Heri, yang berteriak lantang soal keadilan di panggung digital ternyata diciduk polisi karena perilaku tak adil akibat menerima suap.

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Sosok Ketua Panwaslu Garut, Sebelum Kena OTT Suap Teriakkan Keadilan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu