Sosok Kombes Ekotrio, Impian Jadi Jenderal Terbentur Mobil Boks 

Estimasi Baca :

Dok. Kombes Pol Ekotrio. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Dok. Kombes Pol Ekotrio. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Rekam jejak Kombes Ekotrio Budhiniar, mantan Kepala Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Pendidikan Polri (Kapusdikmin Lemdikpol), Bandung, Jawa Barat memang tidak banyak muncul di kalangan publik. 

Akan tetapi, belum banyak yang tahu kalau karier Ekotrio sebenarnya berpeluang besar menyandang jenderal bintang satu. Namun impian naik pangkat jadi jenderal itu terbentur mobil boks yang memicu dirinya menganiaya tujuh anak buahnya.  

Ekotrio merupakan salah seorang perwira menengah Polri yang beruntung karena lolos seleksi calon peserta Pendidikan dan Latihan Pimpinan (Diklat Pim) Tingkat I Pusat Pendidikan Latihan Kepemimpinan Aparatur Nasional (Pusdiklat KAN) Lembaga Adminitrasi Negara Republik Indonesia, yang diumumkan Jakarta, 24-25 September 2014. 

kombes ekotrio
Kombes (Pol) Ekotrio Budhiniar

Namun peluang naik pangkat menjadi satu bintang emas itu sepertinya kandas setelah dirinya dicopot paksa dari jabatannya oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian karena kasus penganiayaan terhadap tujuh anak buahnya itu.

Pencopotan Ekotrio dari jabatannya ini tergolong paling sadis dibanding dengan pencopotan lima perwira polisi lainnya oleh Tito. 

Impian Ekotrio menyandang satu bintang emas di pundaknya itu memang bukannya tidak mungkin. Namanya tercatat sebagai peserta yang lolos Diklat Pim Tingkat I Tahun 2014.

kapusdikmin polri KBP Ekotrio budhiniar pukul anak buah dengan helm
Korban aniaya yang dilakukan Kombes Ekotrio Budhiniar.

Diklat Pim Tingkat I berlangsung selama tujuh bulan ini merupakan salah satu persyaratan bagi perwira menengah naik pangkat bintang satu alias Brigadir Jenderal. Nama Ekotrio muncul di urutan ke-120 dengan nomor seleksi 61/TSPDI/I/LAN/201 dinyatakan lulus.

Ia menjadi satu dari 63 perwira menengah yang lulus seleksi untuk bisa meraih pangkat jenderal atau bintang satu. 

Berdasarkan data yang dilnasir dari Diklatpimlan, sebanyak 209 calon peserta terpilih pada seleksi Diklat Pim TK I Tahun 2014. Namun dalam daftar peserta yang lulus seleksi Diklat Pim TK I hanya 165 peserta. Dari jumlah itu, 63 perwira menengah (Pamen) Polri lulus dan 17 pamen lainnya tidak lulus.

Nama Ekotrio termasuk salah satu peserta yang lulus bersama dengan Kombes Jantje Jimmy Tulian, yang saat itu menjabat sebagai Kabid Keuangan Polda Metro Jaya. 

Sedangkan 17 nama yang tidak lolos seleksi, di antaranya adalah Kombes Deddy Irianto, yang saat itu sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumatera Utara. 

Dalam merintis kariernya di Korps Baret Cokelat, julukan Polri, Ekotrio tergolong perwira menengah yang relatif lancar dalam menjalankan amanah yang ditunjuk pimpinan Polri. Bahkan, dirinya selalu bertahan lama dalam memegang amanah pimpinan. 

penganiayaan oleh Kapusdikmin Lemdiklat Polri KBP Ekotrio Budhiniar
Anggota polisi korban aniaya Kombes Ekotrio Budhiniar.

Misalnya, Ekotrio mengemban tugas sebagai Kepala Biro SDM Polda Sulawesi Utara selama tiga tahun tiga bulan. Ekotrio digantikan oleh Kombes Iriansyah pada bulan Februari 2015. 

Begitu juga saat menjabat sebagai Kepala Pusdikmin Lemdikpol Bandung, Jawa Barat itu sudah lebih dari 3 tahun. Sepanjang menjalankan tugasnya di Lemdikpol pun termasuk adem ayem. Nama Ekotrio sepi dari pemberitaan negatif. 

Hanya saja, Ekotrio tersandung kasus penganiayaan sadis yang dipicu karena kendaraannya tidak bisa masuk terhalang mobil box pengantar makanan bagi siswa Lemdikpol. 

Dari penelusuran Faceboook pribadi Ekotrio menjelaskan kalau dirinya pernah mejabat sebagai Kepala Bagian Pembinaan dan Karier Polda Lampung dan Kapolres Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Ekotrio menjelaskan kalau jabatan Kapolres Kupang itu disandangnya pada tahun 2003. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolres Kupang, Ekotrio tergolong rata-rata air, alias tak ada terobosan baru yang muncul. 

Tidak terdengar prestasi luar biasa yang diraih saat dirinya memegang tongkat komando sebagai Kapolres.  MSA

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Sosok Kombes Ekotrio, Impian Jadi Jenderal Terbentur Mobil Boks 

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu