Sosok Kombes Rudy Syarifudin, Dirlantas Polda Riau Tembak Mati Teroris

Estimasi Baca :

Dok.Kombes Pol M.Rudi Syarifudin. Foto: Facebook.com - Kriminologi.id
Dok.Kombes Pol M.Rudi Syarifudin. Foto: Facebook.com

Kriminologi.id - Kombes Pol Rudy Syarifudin, Direktur Lalu Lintas Polda Riau berhasil menembak mati tiga dari empat tersangka teroris di Markas Polda Riau, Rabu, 16 Mei 2018. 

Aksi penembakkan yang dilakukan mantan Dirlantas Polda Sulawesi Barat itu merobohkan teroris yang memaksa masuk dan membacok dua anggota Polisi. 

Rudi menerima penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian karena telah melumpuhkan tiga teroris. Selain Rudy, Jenderal Tito juga memberikan penghargaan yang sama kepada Brigadir Kepala Polisi JB Panjaitan. 

Penyematan kenaikan pangkat itu langsung diberikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Markas Polda Riau, Kamis, 17 Mei 2018. 

Siapa sebenarnya sosok Kombes Rudy Syarifudin?

Kombes Rudy Syarifudin merupakan perwira menengah yang baru bergabung di Polda Riau pada akhir tahun 2017. Sebelumnya, Rudy bertugas menduduki jabatan yang sama, yakni Dirlantas di Polda Sulawesi Barat. 

Sejak dilantik pada Kamis, 30 November 2017, Rudy langsung meluncurkan beberapa program unggulannya. Di antaranya adalah pemberantasan pungutan liar (Pungli) dan pemanfaatan pos lalu lintas yang menurutnya lebih banyak kosong dan diisi orang gila setelah dibangun. 

Bahkan, di awal menduduki jabatan barunya di Polda Riau, dirinya telah mengingatkan kepada seluruh jajaran anggota satuan lalu lintas untuk mengubah kebiasaan lama yang kerap mengosongkan polantas untuk bersiaga di pos tersebut.

Anggota Lalu Lintas disiagakan di setiap pos yang tersebar di jalan raya untuk mendekatkan terhadap masyarakat.

Rudy sempat mengingatkan kepada anggota lalu lintas yang tidak mau standby di pos Polisi maka sudah seharusnya berfikir ulang untuk jadi Polantas.

"Jangan jadi Polantas, kalau tidak mampu menunaikan tugas di masing-masing pos yang ditunjuk,” tambah Dirlantas Polda Riau dalam diskusi rutin dengan wartawan pada awal Januari 2018 di Riau. 

Kombes Rudy telah menerima penghargaan kenaikan pangkat luar biasa menjadi Brigadir Jenderal. Hanya saja, karena pertimbangan belum ada kekosongan jabatan sehingga Rudy menerima pin emas. 

Selain dua personel berprestasi diatas, Kapolri juga memberikan penghargaan KPLB kepada dua personel yang terluka dalam insiden serangan tersebut.

Kompol Farid Abdullah, personel Bidkum Polda Riau yang terluka pada bagian kepala belakang memperoleh kenaikan pangkat menjadi AKBP Farid Abdullah. Kemudian Brigadir John Hendrik anggota Propam Polda Riau menerima kenaikan pangkat menjadi Aipda.

Sementara anggota Polda Riau Haji Ipda Auzar yang gugur dalam insiden serangan teroris tersebut terlebih dahulu menerima kenaikan pangkat menjadi Iptu Luar Biasa Anumerta Auzar. MSA

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Sosok Kombes Rudy Syarifudin, Dirlantas Polda Riau Tembak Mati Teroris

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu