Sosok Misterius Mantan Wakapolda Sumut, Bermula dari Intelijen Negara

Estimasi Baca :

TKP penemuan mantan wakapolda Sumut. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
TKP penemuan mantan wakapolda Sumut. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Kasus tewasnya mantan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Utara Kombes (Pol) Agus Samad masih misteri. Lulusan AKABRI tahun 1970 itu merupakan sosok misterius yang pandai menyimpan rahasia negara. 

Sepanjang karier Agus Samad lebih banyak dihabiskan di dunia intelijen. Pria kelahiran Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat ini menjabat Sekretaris Direktorat Intel Polda Jawa Timur yang kemudian merangkak naik sebagai Kepala Direktorat Intel Polda Riau, Kadit Intel Polda Makasar dan Kadit Intel Polda Metro Jaya.
 
Selepas menyelesaikan pendidikan di AKABRI, Agus Samad mengawali karier di kepolisian bidang intelijen, sebagai Kasi Intel Polres Aceh Timur. Kemudian berlanjut tiga kali menjabat Wakil Kepala Polres atau Wakapolres di Aceh Barat, Sabang dan Lhokseumawe.

Baca: Polisi Kantongi Penyebab Kematian Mantan Wakapolda Sumut

Setelah tiga kali menduduki Wakapolres, Agus ditarik kembali ke dunia asalnya sebagai Kasat Intel Polres Banda Aceh. Sukses mengemban tugas di bidang intelijen, Agus mendapatkan promosi sebagai Irwasda Polda Jawa Timur.

Di akhir masa tugasnya, ia sempat menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara pada tahun 2000. Mantan Wakapolda Sumut Kombes (Pol) Agus Samad yang ditemukan tewas di rumahnya Perum Bukit Dieng Blok MB9, Pisangcandi, Sukun, Kota Malang, Sabtu, 24 Februari 2018 masih misteri.
 
Polisi sudah dua kali menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari motif tewasnya purnawiran perwira menengah itu.

Baca: Teka-teki Kematian Mantan Wakapolda Sumut, Dibunuh atau Bunuh Diri?

Namun hingga saat ini polisi masih belum menjelaskan penyebab tewasnya perwira yang sempat menjabat sebagai Irwasda Jatim itu. Namun polisi mengklaim telah mengantongi penyebab kematian Agus Samad berdasarkan hasil laporan pemeriksaan forensik. Akan tetapi, polisi masih belum mau menjelaskan motifnya. 

"Sudah diketahui penyebab kematian," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu, 28 Februari 2018. 

Mengutip orasi ilmiah mantan Wakil Kepala BIN As'ad Said Ali di hadapan wisudawan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) beberapa tahun lalu, yang mengungkapkan gambaran sosok intelijen.

Baca: 5 Fakta Kasus Tewasnya Mantan Wakapolda Sumut, Mengarah Bunuh Diri

"Jika berhasil tidak dipuji, jika gagal dicaci maki. Jika hilang, tidak akan dicari, dan jika mati, tidak ada yang mengakui," ujar As'ad Said Ali seperti dimuat Kompas, 7 Oktober 2009. 

Beban berat itulah yang setidaknya mengharuskan seorang personel intelijen menjaga kerahasiaannya dan belajar menjadi sosok yang misterius.

Kini, sosok misterius itu telah meninggalkan keluarga dan sanak saudaranya, hanya kasus penyebab kematiannya sampai saat ini belum menemukan titik terang. 

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Sosok Misterius Mantan Wakapolda Sumut, Bermula dari Intelijen Negara

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu