Sosok Pembunuh Enen Cahyati, Bilal Abdul Fateen Dikenal Pendakwah

Estimasi Baca :

Bilal Abdul Fateen, pelaku pembunuhan Enen Cahyati di Kamboja. Foto: Cambodia Express - Kriminologi.id
Bilal Abdul Fateen, pelaku pembunuhan Enen Cahyati di Kamboja. Foto: Cambodiaexpatsonline
Selama mengarungi rumah tangga, Enen dan Bilal diketahui kerap bertengkar. Bilal merupakan sosok yang kasar terhadap Enen.

Kriminologi.id - Pembunuhan yang menimpa Enen Cahyati warga negara Indonesia yang tewas di tangan suaminya, Bilal Abdul Fateen, warga negara Amerika Serikat, di salah satu hotel di negara Kamboja menyisakan pilu anggota keluarga. Bilal dikenal sebagai pendakwah perbandingan agama yang kasar. Sementara Enen di mata keluarga merupakan orang yang tertutup dan enggan menceritakan persoalan keluarganya.

Sosok Enen diceritakan pihak keluarga kepada Kriminologi.id saat mendatangi rumahnya di kawasan Jalan Barkah, Kelurahan Ciganjur, Jakagarsa, Jakarta Selatan, Jumat, 30 Maret 2018. Rumah keluarga Enen tidak jauh dari area perumahan Grand Silah Residence.

Rumah Enen Cahyati sendiri terlihat sederhana, bertingkat dua minimalis, serta dikeliling pagar seng yang tertutup. Adik kandung Enen, Rahmat (40) menceritakan sosok Enen. 

Menurut Rahmat, pada 1995 Enen menikah dengan seorang pria bernama Geri yang tinggal tak jauh juga dari rumahnya. Dari pernikahannya itu, keduanya dikaruniai 3 anak yang terdiri dari 2 perempuan dan 1 laki-laki. 

Selama mahligai rumah tangga yang dibangun Enen dan Geri, menurut Rahmat, keduanya hidup rukun. Geri juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan baik di mata keluarga Enen.

Namun setelah dikaruniai anak, sekeliling rumah Enen dipagari seng tertutup. Tujuannya, agar anak-anak mereka tidak mudah keluar rumah sembarangan dan menjadi rawan tertabrak sepeda motor yang melintas.

Namun awal 2014, Enen dan Geri memutuskan untuk bercerai. Setelah bercerai, Geri kembali tinggal di rumah asalnya. Pihak keluarga tidak menyangka perceraian yang terjadi antara keduanya.

"Bener-bener di luar dugaan, engga ada masalah apapun, semuanya baik-baik aja, eh tiba-tiba mereka pisah. Ya mungkin memang itu jalan takdirnya," ujar Rahmat.

Pada pertengahan 2014, Enen kemudian mencoba membangun rumah tangganya kembali dengan menikah secara siri bersama warga negara Amerika Serikat, Bilal Abdul Fateen. Ketika pernikahan mereka berlangsung, Rahmat mengaku tidak bisa menyaksikan proses ijab kabul karena sedang bekerja.

Selama mengarungi rumah tangga, Enen dan Bilal diketahui kerap bertengkar. Rahmat juga menjelaskan bahwa Bilal merupakan sosok yang kasar terhadap Enen. Bahkan, selama tinggal di rumahnya Bilal sangat jarang keluar rumah. Pertemuan keduanya berawal dari Facebook.

"Kerjanya pendakwah juga, katanya sih dakwahnya kajian perbandingan agama, engga tahu sih persisnya kayak gimana. Kata mpok sih mereka kenalan di Facebook, lewat chatting kan, lama-lama mungkin ya namanya juga jodoh, akhirmya mereka nikah,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, dirinya pernah memergoki wajah kakaknya membiru akibat luka karena dianiaya oleh suami sirinya. Bahkan Enen pernah kabur dari rumah karena pertengkaran.

“Waktu sebelum pakai cadar saya pernah lihat muka mpok sampe biru-biru memar dipukul si Bilal. Nah beberapa hari sebelum kejadian (Enen dibunuh) mereka sempet berantem, si mpok sampai kabur keluar rumah,” tutur Rahmat.

Puncaknya, pada Kamis 15 Maret 2018, Bilal mengajak Enen pergi ke Kamboja. Bilal menjelaskan bahwa mereka akan pergi untuk keperluan bisnis. Akan tetapi, Bilal justru membunuh Enen di Kamboja.

“Bilal ngajak si mpok ke Kamboja, katanya keperluan bisnis, engga tahu bisnis apaan. Padahal, ibu udah marah-marah, udah ngelarang mereka. Tapi si Bilalnya waktu itu ngejawab 'tidak ibu, tidak, ibu tenang saja, bismillah ibu, bismillah', gitu kata dia," ujar Rahmat.

Enen Cahyati ditemukan tewas di Hometown Suite Hotel di Kamboja karena dibunuh suaminya, Bilal Abdul Fateen. Pada tubuh Enen ditemukan bekas cekikan di bagian leher. Penemuan mayat Enen berawal dari kecurigaan staf hotel yang mencium bau busuk dari kamar, Minggu, 25 Maret 2018. 

Petugas hotel kemudian mendobrak pintu kamar dan menemukan Enen yang telah tewas. Tak lama kemudian pihak hotel melaporkannya kepada kepolisian setempat.

Media lokal memberitakan, Enen diduga dibunuh suaminya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat. Pembunuhan itu diduga terjadi saat keduanya menginap di hotel tersebut.

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Sosok Pembunuh Enen Cahyati, Bilal Abdul Fateen Dikenal Pendakwah

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu