Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani. Foto: Facebook Chintya Noviasari

Sosok Sri Handayani, Srikandi Polisi Bintang Satu Pertama Polda Kalbar

Estimasi Baca:
Rabu, 21 Mar 2018 17:16:48 WIB

Kriminologi.id - Tak ada yang berbeda dari sosok Brigjen (Pol) Sri Handayani yang duduk sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat atau Wakapolda Kalbar. Brigjen Sri menggantikan posisi pejabat sebelumnya, Brigjen Pol Amrin Remico yang dipercaya mengemban jabatan baru sebagai Karo Renmin Bareskrim Polri. Namun, Brigjen Sri Handayani merupakan sosok polisi wanita (Polwan) pertama yang mengemban tugas sebagai Wakapolda Kalbar.  

Pengalaman Sri Handayani dalam menjalani kariernya patut diacungi jempol. Apresiasi mengalir deras dari koleganya yang memuji Sri. Deretan tugas yang diemban pundaknya dari pimpinan tak ada yang meleset. Sri Handayani pernah bertugas di institusi Polri maupun di institusi lainnya. Saat menyandang bintang emas di pundak, Sri Handayani menjabat Kepala Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri atau Setukpa Lemdiklat Polri. 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan kenaikan pangkat pada Selasa, 25 November 2016. Sebelumnya, Sri pernah bertugas di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang telah berubah menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Ia juga pernah bertugas di Sekolah Polwan. 

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat atau Kapolda Kalbar, Irjen Didi Haryono, mengatakan ini sejarah di tubuh Polda Kalbar, orang nomor dua dijabat polisi wanita (Polwan).  

"Ini baru pertama kali dalam sejarah bahwa jabatan Waka Polda Kalbar dijabat oleh seorang Polwan, sehingga kami sangat apresiasi kepada Brigjen (Pol) Sri Handayani," kata Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono di Pontianak, Rabu, 21 Maret 2018. 

Didi mengutarakan ucapan terima kasih karena dipercayakan pemimpin seorang wanita di jajaran Polda Kalbar sebagai Wakapolda. Didi berharap kehadiran Wakapolda dari seorang Polwan ini dapat menerapkan pengalaman-pengalaman berharganya di lingkungan Polda Kalbar dalam memanajemenkan segala kegiatan Polda Kalbar dan pemangku kepentingan yang ada. 

"Tentunya suasana baru saya harapkan dapat dilanjutkan oleh ibu Wakapolda," katanya.

Tak lupa pula, Didi mengapresiasi pejabat Wakapolda sebelumnya selalu berperan aktif sebagai penasehat Kapolda Kalbar dalam memimpin pelaksanaan tugas Polda Kalbar. Terutama dalam penyelenggaraan bidang pembinaan, penyelenggaraan operasional serta koordinasi pengawasan antar fungsi dan antar instansi.

 MSA
KOMENTAR
500/500