Zulkifli Nurdin. Foto: Ist/Kriminologi.id

Sosok Zulkifli Nurdin, Ayah Zumi Zola Orang Hebat dan Punya Pengaruh

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 16:45:44 WIB

Kriminologi.id - Zulkifli Nurdin, ayah dari Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola dikenal sebagai orang hebat yang berpengaruh di wilayah Jambi.

Tak heran jika Zulkifli disebut sebagai orang kuat oleh mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kadis PUPR Provinsi Jambi, Doddy Irawan. 

Ring satu di sekitar Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola itu disebut sebagai orangnya Zulkifli. Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Kamis, 6 September 2018, Doddy menyebut orang dekat di lingkaran Zumi Zola merupakan orang ayahnya, Zulkifli Nurdin. 

“Bukan cuma jaringan, beberapa jabatan dan orang dekat Gubernur sekarang juga orang-orang ayahnya Pak Zumi,” ucap Doddy Irawan. 

Sekuat apakah pengaruh Zulkifli Nurdin?

Zulkifli Nurdin merupakan bapak dari enam anak. Salah satunya adalah Zumi Zola, yang menjabat sebagai Gubernur Jambi nonaktif.

Zulklifli menjabat sebagai Gubernur Jambi selama dua periode berturut-turut, yakni pada 1999-2005 dan 2005-2010. Jadi tak heran jika pengaruhnya masih kuat di wilayah Jambi.

Sebelum berkarier menjadi Gubernur, Zulkifli Nurdin adalah pengusaha sukses yang meneruskan bisnis orang tuanya. Langkah itu bermula dari Zulkifli dipercaya Nurdin Hamzah, orang tua Zulkifli sebagai wakil kepala cabang PT Nurdin Hamzah di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, Zulkifli menjadi kepala cabang PT Nurdin Hamzah di kota yang sama selama lima tahun. Sampai akhirnya Zulkifli dimutasi ke Surabaya, Jawa Timur untuk memegang jabatan yang sama. 

Pada Tahun 1982, karier Zulkifli semakin gemerlap dengan menjabat sebagai Direktur Utama di beberapa perusahaan. Pada 1996, Zulkifli menjabat Ketua Tim Promosi Daerah ke Luar Negeri.

Dari jabatan tersebut kemudian Zulkifli terjun ke dunia politik sebagai anggota DPR RI Tahun 1998 sebelum menjadi Gubernur Jambi.

Zulkifli juga menjabat sebagai Ketua DPW PAN Kota Jambi tahun 1998 sampai tahun 2001. Kemudian pada tahun 2001 sampai 2004 amanah itu semakin meluas yang dipercaya sebagai ketua DPW PAN Provinsi Jambi.

Maka tidak heran jika Zumi Zola bisa melenggang sebagai Gubernur Jambi melalui PAN, yang dipegang ayahnya.

Sebelum bergabung dengan PAN, Zulkifli Nurdin menjadi bendahara DPD Partai Golkar Jambi tahun 1996. Setelah itu, anak pertama dari 10 bersaudara itu hijrah ke PAN dan menjabat sebagai Ketua DPW PAN Jambi selama dua periode.

Nurdin juga terbilang aktif dalam organisasi profesi dan kemasyarakatan. Setidaknya Nurdin mengemban jabatan sebagai Ketua Kadinda Jambi selama dua periode. Ia juga mendapat amanah sebagai Ketua KONI Jambi.

Sepanjang menekuni karier politiknya, sarjana muda lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Tahun 1970 ini menyabet penghargaan Lencana Melati Presiden Megawati Soekarno Putri atas pembinaan Kepramukaan. 

Selain itu, sempat juga menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara atas Keberhasilan Jambi meningkatkan Kinerja Aparatur. 

Kini, nama Zulkifli Nurdin kembali menjadi sorotan. Musababnya, ia disebut-sebut sebagai orang yang mengatur anaknya Zumi Zola dalam menjalani pemerintahan di Jambi sampai akhirnya terjerat kasus korupsi RAPBD Jambi.

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500