Tewas Dianiaya Siswanya, Guru Budi Aktif di Kegiatan Seni dan HMI

Estimasi Baca :

Ahmad Budi Cahyono, guru honorer pelajaran seni rupa yang tewas dianiaya murid SMA Negeri 1 Torjun, Madura. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ahmad Budi Cahyono, guru honorer pelajaran seni rupa yang tewas dianiaya murid SMA Negeri 1 Torjun, Madura. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Budi Cahyono, guru seni rupa di SMA Negeri 1 Torjun, Sampang, Jawa Timur, tewas setelah dianiaya siswanya. Korban diketahui merupakan mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam dan aktif dalam Lembaga Seni Mahasiswa Islam (LSMI) Malang.

Teman Budi yang juga satu organisasi saat kuliah di Malang, Jawa Timur, Khotim menuturkan Budi Cahyono sering melakukan pementasan saat acara latihan kader (LK-1) di lingkungan HMI Cabang Malang yang digelar masing-masing komisariat.

"Beliau dikenal aktivis seni dan aktif di LSMI Malang, yakni sebuah lembaga seni mahasiswa di bawah naungan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang," ujar teman almarhum, Budi Cahyono, Khotim, Jumat pagi, 2 Februari 2018 pagi.

Baca: Guru Honorer Tewas Dianiaya Siswa, Begini Kronologi Versi Sekolah

Khotim juga menuturkan Budi dikenalnya sebagai sosok pendiam di kalangan teman-temannya.

"Saya mengenal mas Budi sebagai seorang pendiam. Tapi beliau aktif di kelompok-kelompok teater dan grup musik di bawah naungan HMI Cabang Malang," kata Khotim mengenang korban.

Selain itu, saat aktif di HMI Malang, Budi Cahyono juga pernah menjabat sebagai Ketua HMI Komisariat Universitas Malang. Budi juga diketahui baru menikah dengan istrinya Shinta setahun lalu, dan kini istrinya hamil empat bulan.

"Semoga almarhum diterima di sisi-Nya," ucap Khotim.

Guru SMA Negeri I Torjun Sampang Budi Cahyono dianiaya oleh muridnya berinisial HI di lingkungan sekolah. Kasus pemukulan oleh siswa HI terjadi saat guru Budi menyampaikan pelajaran kesenian.

Baca: Tak Terima Wajahnya Dicoret, Siswa Pukuli Guru Kesenian Hingga Tewas

Saat itu, HI tertidur di dalam kelas. Budi kemudian langsung menghampiri yang bersangkutan dan mencoret wajahnya dengan tinta. HI yang tidak terima, langsung memukul Budi mengenai bagian pelipis wajahnya. Saat itu Budi tidak melawan. Ia mengalah atas perlakuan siswanya HI.

Kejahatan HI kemudian berlanjut usai pulang sekolah. Siswa berparas tampan itu menunggu guru Budi di Jalan Raya Jrengik dan kembali menganiaya sang guru.

Sesampainya di rumahnya Budi tiba-tiba pingsan dan langsung dirujuk ke RS Dr Soetomo Surabaya. Hasil diagnosa dokter menyebutkan yang bersangkutan mengalami mati batang otak dan semua organ dalam sudah tidak berfungsi.

Kasat Reskrim Polres Sampang AKP Heri Kusnanto menyatakan, telah menangkap siswa HI, pelaku penganiayaan terhadap guru seni rupa di SMA Negeri 1 Torjun Sampang, Madura, Kamis, 1 Januari sekitar pukul 24.00 WIB di rumahnya di Dusun Brekas, Desa Tonjun, Kecamatan Torjun, Sampang.

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Tewas Dianiaya Siswanya, Guru Budi Aktif di Kegiatan Seni dan HMI

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu