Vonis Mati Perampok Pulomas, Ini Sosok Hakim Gede Ariawan

Estimasi Baca :

Hakim Gede Ariawan, ketua hakim persidangan kasus perampokan Pulomas, Foto: pn-jakartatimur.go.id - Kriminologi.id
Hakim Gede Ariawan, ketua hakim persidangan kasus perampokan Pulomas, Foto: pn-jakartatimur.go.id

Kriminologi.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis mati kepada Ius Pane dan Erwin Situmorang, dua terdakwa kasus pembunuhan dan perampokan di Pulomas, Jakarta Timur, Selasa, 17 Oktober 2017. Sementara itu satu terdakwa lainnya, Alfin Sinaga, divonis pidana penjara seumur hidup.

Vonis ketiga tersangka tersebut tidak lepas dari peran Ketua Majelis Hakim dalam sidang yakni Gede Ariawan. Dalam persidangan kasus pembunuhan dan perampokan Pulomas, Gede menyatakan tidak ada faktor yang meringankan para terdakwa dari tuntutan pidana hukuman mati dan seumur hidup.

BACA: Divonis Mati, Perampok Pulomas Terbukti Lakukan Pembunuhan Berencana

Sosok Gede yang memimpin jalannya sidang tidak main-main. Gede pernah juga tercatat menyidangkan kasus Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar pimpinnanan Ahmad Musadeq. Saat itu tiga hakim Muhammad Sirad sebagai Ketua Majelis Hakim, sementara Arumningsih dan Gede Ariawan sebagai hakim anggota.

Mereka memvonis bersalah terhadap tiga mantan petinggi Gafatar dalam kasus penodaan agama, yakni Ahmad Musadeq, Andi Cahya, dan Mahful Muis. Vonis tersebut sempat menuai kritik di kalangan masyarakat.

BACA: Tak Ada Niat Membunuh, Perampok Pulomas Ajukan Banding

Putusan pengadilan dikecam karena dinilai dapat menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia. Delik penodaan agama dinilai delik karet yang multitafsir dan tidak memenuhi asas legalitas dalam hukum pidana.

Putusan tersebut dianggap mencerminkan ketidakadilan karena dianggap mengabaikan pembuktian oleh kuasa hukum tersangka, keterangan saksi maupun keterangan ahli.

Dalam penelusuran Kriminologi, Gede Ariawan juga pernah berdinas di Pengadilan Negeri Balikpapan pada 2012. BC

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Vonis Mati Perampok Pulomas, Ini Sosok Hakim Gede Ariawan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu