Yeni, Srikandi Kampung Ambon Rela Dicaci Demi Perubahan

Estimasi Baca :

Ketua Rukun Warga di Komplek Ambon bernama Yeni Ritiau Napitupulu. Foto:  Rizky Adytia/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ketua Rukun Warga di Komplek Ambon bernama Yeni Ritiau Napitupulu. Foto: Rizky Adytia/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Peredaran narkoba di kawasan Kapuk, Kapuk Pulo, Cengkareng, Jakarta Barat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Ambon seolah tak ada habisnya. Sebanyak 18 kilogram sabu-sabu disita petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Barat, Rabu, 24 Januari 2018 kemarin.

Dari penelusuran Kriminologi, wilayah ini mulai menjadi sarang narkoba nomor wahid sejak tahun 1999. Wilayah ini disebut-sebut dilindungi orang kuat atau godfather sehingga sulit untuk diberantas. Bahkan penyisiran besar-besaran tahun 2001 pun tak mampu memberantas sarang narkoba di kompleks ini. 

Kampung Ambon

Dikenal sebagai kompleks peredaran narkoba memang menjadi stigma buruk bagi warga yang tinggal di Kampung Ambon. Bertahun-tahun mereka mendengar rentetan tembakan dan suara riuh penggerebekan hingga melihat sayat luka peluru petugas. 

Baca: Warga Kampung Ambon Nggak Pernah Kapok Meski Digerebek

Tapi pengalaman kelam itu mulai berubah bagi tahun 2012. Kampung Permata misalnya, bagian dari kawasan Kampung Ambon mulai bebenah. Perubahan suasana sangat terasa saat memasuki lingkungan perumahan yang asri dan ditata rapi. 

Kembali ke masa silam, acap kali suasana mencekam dirasa tatkala memasuki atau hanya sekedar melintas di kawasan itu. Kini, keadaan lebih baik, lebih bersahaja.

Di Kampung Ambon, peredaran narkoba yang dahulu sangat mudah ditemui di lapak-lapak kecil, Kini hampir tak lagi terlihat. Meski tak dipungkiri di beberapa sudut perumahan itu masih terdapat transaksi narkoba. Nyatanya 18 kilogram sabu-sabu disita dari wilayah itu.

"Mungkin yang terlihat adalah bagian dari yang belum sanggup berubah,"  ujar Yeni Ritiau Napitupulu, seorang Ketua Rukun Warga di Kampung Ambon.

Baca: Kampung Ambon Digerebek, 6 Orang Diamankan Termasuk Wanita Hamil

Yeni telah menjabat sebagai Ketua RW sejak bulan Desember 2013. Ia adalah salah satu sosok yang disegani di kawasan itu. Bukan karena ia terlibat narkoba atau termasuk bandar besar.  Yeni merupakan salah seorang yang terlibat dalam masa-masa perubahan Kampung Ambon.

Saat masa kelam Kampung Ambon, banyak orang yang menyerah untuk mengubah kawasan yang terkenal dengan peredaran sabu-sabu. Tapi, wanita itu tak pernah menyerah.

Kampung Ambon

Semenjak dirinya menjabat sebagai Ketua RW, banyak hal yang dilakukan untuk mengubah kawasan itu. Mulai dari mengadakan acara sosial hingga penyuluhan narkoba.

Dirinya ingat betul, saat pertama kali menjabat, ia segera mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan ibu dan anak -anak yang ada di perumahan itu. Menurutnya, dengan mengadakan acara itu dapat menghindari pengaruh negatif yang ada di lingkungan itu.

"Supaya ibu dan anak disini lebih perduli dengan lingkungan ini. Terutama tidak terpengaruh narkoba," kata Yeni dengan tegas. 

Baca: Kampung Ambon Digerebek, Polisi Sita 18 Kg Bahan Pembuat Sabu-Sabu

Bahkan, untuk merubah pola pikir masyarakat, ia hanya memberika sedikit perhatian terhadap keluarga. Wanita itu merelakan waktunya hanya untuk berkutak dengan masalah warga. Hanya dengan kelembutan dan kasih sayang yang tulus, ia dapat mengubah segalanya. Menurutnya, untuk mengubah pola pikir warga, otot dan senjata bukanlah pilihan satu-satunya.

Tiga tahun berusaha membersihkan wilayah itu narkoba, Yeni mengaku cobaan banyak menghampiri. Mulai dari para pemakai yang kembali mencari narkoba di kawasan itu hingga fitnah dan cacian, keluar masuk di telinganya. Tak pantang menyerah, satu kalimat yang terbersit dipikirannya "mau sampai kapan terus begini.

"Merubah memang sulit tapi lebih sulit mempertahankan," kata Yeni.

Setelah beberapa lama berjuang melawan narkoba, kini kawasan Kampung Ambon mulai sedikit demi sedikit berbenah dari peredaran narkoba. Wanita 52 tahun itu berharap, 'Kampung Ambonya' menjadi kawasan yang baik dan lebih baik lagi. MG

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Sosok Utama Yeni, Srikandi Kampung Ambon Rela Dicaci Demi Perubahan

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu