Ilustrasi sambaran petir (26/04/2018). Foto: Tribrata

2 Siswa SD Tewas Tersambar Petir di Sekolah, Hujan Lebat Saat Belajar

Estimasi Baca:
Kamis, 26 Apr 2018 10:21:14 WIB

Kriminologi.id - Dua siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Barahele, Negara Bagian Afar Timur, Ethiopia, tewas akibat sambaran petir pada Rabu, 26 April 2018 waktu setempat. 

Saat itu, cuaca di Barahele sedang tidak bersahabat. Hujan lebat disertai badai petir bersautan, kata Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, 26 April 2018. 

Kepala Kepolisian wilayah setempat menyebutkan dua siswa SD itu tersambar petir saat sedang menunggu pelajaran dimulai. 

Keterangan media setempat Fana Broadcasting Corporate (FBC) pada Rabu, 25 April 2018, sambaran petir itu juga mengakibatkan lima siswa lainnya mengalami luka-luka ringan dan sedang. Hanya saja, pihak kepolisian setempat belum menjelaskan berapa siswa yang mengalami luka parah. 
  
Negara Bagian Afar di bagian timur-laut Ethiopia, dengan kebanyakan kondisi iklim kering dan setengah kering, rentan terhadap kondisi cuaca negatif, termasuk kemarau yang belum lama ini disebabkan oleh El Nino dan melanda negara Afrika Timur itu sejak 2015.

Banyak tragedi terjadi saat Ethiopia baru saja akan memasuki musim hujan, yang dalam kebanyakan kasus menyaksikan curah hujan di atas rata-rata dan diwarnai oleh badai petir.

Sementara musim hujan mendekat di Ethiopia, Badan Meteorologi negeri itu seringkali mendesak warga yang tinggal di daerah rentan terhadap petir dan hujan badai agar berhati-hati sebab curah hujan di atas rata-rata dapat disertai badai petir serta curah hujan yang di luar perkiraan.

Meskipun ada keprihatinan mengenai keselamatan, curah hujan juga penting buat musim panen utama di Ethiopia.

Reporter: Syahrul Munir
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500