Bayi Calista saat masih menjalani perawatan di RSUD Karawang. Foto: Humas Polres Karawang

Bayi Calista Disiksa Ibunya Hingga Tewas Tanpa Sepengetahuan Kakeknya

Estimasi Baca:
Selasa, 3 Jul 2018 22:30:46 WIB

Kriminologi.id - Seorang ibu bernama Sinta yang kini menjadi terdakwa ternyata menyiksa anaknya sendiri, bayi Calista, hingga tewas tanpa sepengetahuan orang tuanya atau kakek dari bayi Calista bernama Syarief. Tak hanya itu, pria bernama Sudarja selaku pacar Sinta juga tak mengetahui aksi penyiksaan yang menimpa bocah malang tersebut.

Hal ini terungkap saat terdakwa menjalani  persidangan di Pengadilan Negeri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Selasa, 3 Juli 2017. Saat itu, majelis hakim yang dipimpin oleh hakim Viktor memeriksa sejumlah saksi atas kasus penyiksaan berujung pembunuhan yang dilakukan oleh Sinta terhadap anaknya bayi Calista.

Dalam lanjutan sidang perkara penganiayaan terhadap bayi Calista, hakim Viktor mengorek sebab-sebab kematian bayi Calista yang disiksa oleh Sinta, janda beranak dua yang merupakan warga Kelurahan Karangpawitan, Karawang Baru, Jawa Barat. 

“Selama tinggal dengan saya di rumah setelah cerai dengan suaminya, saya tidak pernah melihat ada kekerasan yang dilakukan oleh Sinta kepada anaknya,” kata Syarief menjawab pertanyaan majelis hakim di PN Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Selasa, 3 Juli 2018. 

Pengakuan yang sama juga disampaikan pacar Sinta, Sudarja. Darja, demikian pacar Sinta akrab disapa, mengaku tidak pernah melihat Sinta berbuat kekerasan kepada anaknya Calista. Hanya saat Sinta tinggal di rumahnya selama dua bulan, dirinya mendengar cerita dari tetangga dan keluarganya kalau terdakwa sering mencubit anaknya. 

Bahkan Darja juga mengakui selama dua bulan tinggal di rumahnya, bayi Calista beberapa kali mengalami kejang-kejang hingga harus dibawa ke klinik sampai akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Karawang.

Pada sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum Angga Pandansari mendakwa Sinta Pasal 44 ayat (3) Undang Undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Jaksa juga mendakwa Sinta Pasal 80 ayat (3) dan (4) Undang Undang tentang Perlindungan Anak.

Adapun kematian bayi Calista yang diduga dianiaya ibu kandungnya sendiri terjadi pada Maret 2018. Bayi Calista meninggal dunia setelah selama sekitar sepekan mengalami koma di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang. 

Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500