Biarawati Dituduh Jual Bayi ke Pasangan Nikah Belum Punya Anak

Estimasi Baca :

Ilustrasi bayi yang baru dilahirkan. Foto: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi bayi yang baru dilahirkan. Foto: Pixabay

Kriminologi.id - Seorang biarawati dan satu orang lain dituduh memperdagangkan bayi ke pasangan menikah yang belum memiliki keturunan. Atas tudingan ini, pihak berwenang di India menyegel rumah kelolaan ordo keagamaan Bunda Teresa, Kamis, 5 Juli 2018 waktu setempat. 

Rumah di negara bagian Jharkhand, India timur, itu dikelola misionaris cinta kasih atau Missionaries of Charity, yang didirikan Bunda Teresa di India dan memberikan perlindungan bagi wanita yang hamil di luar nikah.

"Mereka menyatakan sedikitnya lima hingga enam bayi dijual ke pasangan tidak punya anak," kata polisi Aman Kumar kepada Yayasan Thomson Reuters dalam wawancara telepon.

"Kami menyelidiki untuk mengetahui bagaimana upaya itu dijalankan dan berapa banyak anak telah diberikan dalam beberapa tahun belakangan," katanya.

Missionaries of Charity tidak menanggapi panggilan untuk memberi tanggapan.

Arti Kujur, kepala Masyarakat Perlindungan Anak-anak Negara Bagian Jharkhand, menyatakan rumah itu memberi harga 40.000 rupee atau setara Rp 6 juta hingga 100.000 rupee untuk setiap bayi, tergantung pada kemampuan pasangan tidak punya anak itu.

"Kami menerima banyak keluhan terkait kegiatan rumah itu dan terus mencermati mereka selama hampir enam bulan," katanya.

Missionaries of Charity berhenti melakukan pengangkatan anak di India pada 2015, dengan mengatakan tidak setuju dengan aturan pemerintah, yang mempermudah orang belum menikah, bercerai, dan berpisah mengangkat anak-anak.

Terdapat sejumlah laporan tentang bayi dan anak-anak diperdagangkan melalui rumah dan rumah sakit kelolaan badan amal, yang pegiat katakan didorong oleh daftar tunggu panjang untuk pengangkatan anak.

Rumah Nirmala Shishu Bhavan, yang dikelola Missionaries of Charity di ibukota negara bagian Jharkhand, Ranchi, diminta memberi tahu pihak berwenang tentang semua bayi, yang lahir di sana.

"Mereka menjual lebih banyak bayi daripada yang mereka serahkan ke pihak berwenang," kata Baidnath Kumar, pegiat hak anak-anak bermarkas di Ranchi, yang telah mengajukan keluhan terhadap rumah itu.

Kujur menyatakan kelompoknya mengarahkan bahwa mandat setiap rumah, yang dikelola di negara bagian itu, harus diperiksa. "Kami mendengar bahwa bayi juga dijual di rumah lain dan bertekad menghentikannya," katanya. MSA

Baca Selengkapnya

Home Renata Anak Biarawati Dituduh Jual Bayi ke Pasangan Nikah Belum Punya Anak

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu