Ilustrasi penculikan anak. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Dua Bocah Banyumas Lolos Penculikan, Ditemukan Warga di Perumahan

Estimasi Baca:
Kamis, 28 Jun 2018 16:35:45 WIB

Kriminologi.id - Dua bocah perempuan korban penculikan di Banyumas, Jawa Tengah, berhasil meloloskan diri dari penculikan yang diduga dilakukan oleh seorang pria. Kedua bocah masing-masing berinisial Sal dan Jes yang masih berusia 11 tahun itu ditemukan oleh warga usai berhasil meloloskan diri dari pelaku. 

Kasat Reskrim Polres Banyumas, Ajun Komisaris Polisi Bayu Puji Hariyanto, membenarkan peristiwa penculikan terhadap dua bocah perempuan itu. Kini pihaknya sudah menenagkap pria yang diduga sebagai pelaku. Akan tetapi, pihaknya belum bisa menyebutkan identitas dan kronologi penangkapan pelaku karena masih dilakukan pendalaman.

“Sudah kami amankan, masih kami dalami apakah masuk penculikan atau ada unsur pasal lain. Masih prarekonstruksi dulu, nanti kami kabari,” kata Bayu di Banyumas, Jawa Tengah, 28 Juni 2018.

Dua bocah perempuan diketahui berhasil meloloskan diri dari upaya penculikan. Salah seorang korban berinisial Sal ditemukan warga Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden, di Perumahan Pasir Luhur, Desa Pasir Kulon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Kamis, 28 Juni 2018. Oleh warga, bocah malang itu selanjutnya dibawa ke Markas Kepolisian Sektor Karanglewas.

Sementara, korban lainnya berinisial Jes dikabarkan ditemukan warga di Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas. Korban kini telah dijemput orang tuanya pulang ke rumahnya yang berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden.

Menurut Kepala Polsek Karanglewas, Ajun Komisaris Polisi Sus Irianto, upaya penculikan terhadap dua bocah perempuan oleh seorang pria dilakukan pada Kamis, 28 Juni 2018 sekitar pukul 11.44 WIB. Namun, pihaknya baru mengetahui setelah pihaknya mendapat informasi dari masyarakat yang menelepon bahwa di Perumahan Pasir Luhur ada korban penculikan. 

“Oleh karena itu, saya segera memerintahkan anggota untuk datang ke lokasi," tutur Sus Irianto.

Selanjutnya, kata dia, bocah korban penculikan itu dibawa ke Mapolsek Karanglewas dan pihaknya juga memerintahkan anggota untuk melakukan penyekatan di sejumlah wilayah guna mempersempit ruang gerak pelaku.

“Saat ayah Sal datang, saya tanya apakah benar ini orang tua kamu dan ternyata benar,” ujar Sus Irianto.

Ia mengatakan satu korban penculikan lainnya, yakni Jes dilaporkan sudah ditemukan di Desa Pasir Wetan dan saat ini telah kembali bersama orang tuanya. Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan sebelum Sal diturunkan di Perumahan Pasir Luhur, bocah perempuan tersebut melakukan perlawanan karena curiga terhadap pelaku. Dugaan tersebut muncul karena pada leher Sal terdapat luka bekas cekikan.

"Saat ini, Sal bersama ayahnya telah dibawa ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polres Banyumas untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sementara pelaku yang mengendarai sepeda motor warna hitam masih dalam pengejaran," kata Sus Irianto. 

Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500