Lokasi penemuan Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung di Cibinong, Bogor. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Grace, Bocah Tewas dalam Karung yang Hapal Nama Ketua RT dan RW

Estimasi Baca:
Kamis, 3 Mei 2018 09:55:16 WIB
Para tetangga menilai Grace Gabriella Bimusu merupakan bocah penurut terhadap orang tuanya. Untuk anak seusinya, ia tergolong pintar karena dapat mengingat nama ketua RT dan RW.

Kriminologi.id - Bagi bocah seusianya, Grace Gabriela Bimusu, yang tewas mengenaskan di dalam karung, tergolong anak pintar. Salah satu faktornya adalah daya ingatnya yang luar biasa.

"Dia juga pinter buat anak seumuran dia, orang-orang sini kadang masih belum tahu nama ketua RT sama ketua RW, nama ketua RT/RW lain apalagi, eh tapi Grace mah tahu semua," kata salah satu tetangga Dewi kepada Kriminologi.id, Rabu, 3 Mei 2018.

Tempat tinggal Dewi sekitar lima rumah dari kediaman Grace. Menurut dia, Grace merupakan sosok yang penurut terhadap ibu kandungnya, Ningsih Bimusuh Simatupang.

"Dia mah anaknya baik banget enggak ada duanya deh kalo di sini. Nurut banget sama mama nya. Kalo Ningsih lagi sibuk ya kalo nyuruh beli apa-apa ya Grace yang beliin, seringnya sih beli deterjen ke warungnya mama Hanif, soalnya kan ibunya usaha laundri juga. Kadang lagi asik main sama anak-anak tapi kalo ibunya uda manggil buat beli sesuatu ya dia pulang langsung nurut," ujarnya.

Sementara itu, Hanif selaku tetangga dekat selalu merasa terhibur ketika Grace mengajak main anaknya bersama dengan teman-teman lainnya.

"Saya kalau ada dia ngerasa kehibur terus. Dia mah orangnya cerewet. Kalau ngomong kadang enggak ada habisnya. Sering main juga sama anak saya. Grace itu orangnya supel, sama siapa aja sikapnya ramah. Kalau mamanya lagi sibuk nyuci atau gosok laundry-an pesanan tetangga, ya Grace sering main ke warung sini. Kadang lucu juga kalau tiap Grace ngobrol sama Oma karena dicerewetin terus sama dia, lucu liat Oma yang bengong-bengong doang," ujar Hanif kepada Kriminologi.id.

Sedangkan Joko Bandung selaku ketua RT 06 menjelaskan, Grace merupakan sosok yang pintar bergaul dan cukup berhati-hati. Joko cukup mengagumi Grace yang merupakan sosok penurut terhadap nasihat kedua orang tuanya untuk tidak bermain terlalu jauh dari rumah kediamannya.

"Grace itu kalau lagi main ya anak-anak lain jadi ikutan seneng, mas. Seringnya main di warungnya mama Hanif, banyak anak-anak juga di situ. Kadang kalo anak-anak duluan dateng ya mereka suka nyamperin ke rumahnya. Saya juga salut sama dia, nurutnya itu lho. Kadang kalau anak lain pas dibilangin jangan main jauh-jauh ya kadang ngeyel, tapi Grace ini enggak. Dia anak yang nurut, bisa milih mana tempat main yang kira-kira terlalu jauh atau terlalu enggak dikenal sama dia, ya dia enggak ngeyel," katanya kepada Kriminologi.id.

Suasana rumah keluarga Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung di Cibinong, Bogor. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id
Suasana rumah keluarga Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung di Cibinong, Bogor. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Grace Gabriela Bimusu, bocah 5 tahun yang ditemukan tewas terbungkus karung di kebun singkong tak jauh dari rumahnya, hilang saat bemain di sekitar rumahnya bersama bocah lain yang merupakan tetangganya. 

Grace menghilang hanya berselang satu jam sejak terakhir kali terlihat oleh tetangganya di Perumahan Bogor Asri, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kriminologi.id menelusuri lokasi sekitar rumah Grace, Rabu, 2 Mei 2018. Menurut tetangga korban pada Senin, 30 April 2018, sekitar pukul 09.00 WIB, Grace masih berada di sekitar rumahnya bermain dengan anak-anak yang lain.

"Waktu jam 9 pagi Grace masih ada masih main-main sekitar sini, main sama anak tetangga. Terakhir sebelum hilang, Grace masih main di rumah mamah Hanif," ujar Eni, adik dari ibu korban kepada Kriminologi.id, Rabu, 2 Mei 2018.

Sementar rumah Hanif berada tepat di tikungan jalan sebelum rumah Grace. Hanif juga membenarkan perkataan Eni. Menurutnya sekitar pukul 09.00 WIB, Grace masih bermain dengan anaknya, sebelum akhirnya Hanif mengajak anaknya pergi ke rumah orang tuanya.

“Main-maim depan warung saya. Cuma karena saya mau ke rumah orang tua di Bogor, saya ajak anak saya pergi, warungnya ditutup. Pas mau pergi, mamanya Grace manggil nyuruh pulang, tapi Grace masih mau main sama yang lain,” ujar Hanif.

Grace Gabriela Bimusu, bocah perempuan yang ditemukan tewas terbungkus karung di kebun pisang di dalam perumahan Bogor Asri, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor dimakamkan, Rabu 2 Mei 2018.

Sebelum dimakamkan, jenazah Grace disemayamkan di rumah duka Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Pengharapan Cibinong.

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500