Suasana rumah keluarga Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung di Cibinong, Bogor. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Grace Gabriela Bimusu, Anak Tewas Dibungkus Karung di Perum Bogor Asri

Estimasi Baca:
Rabu, 2 Mei 2018 15:45:34 WIB

Kriminologi.id - Grace Gabriela Bimusu, bocah perempuan yang ditemukan tewas terbungkus karung di kebun pisang di dalam perumahan Bogor Asri, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor dimakamkan hari ini, Rabu 02 Mei 2018.

Sebelum dimakamkan, jenazah Grace disemayamkan di rumah duka Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Pengharapan Cibinong.

"Kalau mama papanya sekarang lagi di rumah duka, di GPIB Cibinong sana. Rencananya Grace dimakamkan sekitar jam 1 siang ini," ujar Eni kepada Kriminologi.id, Rabu, 2 Mei 2018.

Eni (37) sendiri mengaku sebagai adik kandung ibunya Grace, Ningsih Bimusu Simatupang. Eni mengatakan kakaknya itu menikah dengan Jemi Bimusu, pria asal Kupang, Nusa Tenggara Timur. Keduanya memiliki dua anak yakni Grace dan kakaknya, Marvel Bimusu.

"Mereka punya dua anak, yang pertama Marvel Bimusu tinggal sama oma opanya di Kupang, yang kedua Grace Bimusu yang sekarang mau dimakamkan," ujar Eni.

Eni mengatakan jika ia dan kakaknya masih berdarah Medan, Sumatera Utara. Ketika menikah dengan Jemi, Ningsih juga mendapatkan nama Bimusu sesuai dengan nama marga suaminya.

"Kalau mamanya (Ningsih) kan aslinya orang Medan, nama marganya Simatupang, pas nikah sama papa ya mama dapat nama Bimusu juga," tukas Eni.

Eni menjelaskan, Jemi dan Ningsih sudah lama tinggal di Perumahan Bogor Asri, jauh sebelum anaknya yang pertama mereka, Marvel Bimusu lahir. Ketika menginjak kelas 1 SD, Marvel diasuh oleh kakek dan neneknya di Kupang.

"Kalau mama sama papanya ya sudah tinggal di sini sejak lama, sebelum kakak lahir. Pas kakak lahir, dia ikut sama opa-omanya di Kupang, sekolah di sana. Kalau Grace baru mau masuk sekolah TK dekat sini," ujar Eni.

Menurut Eni, kakaknya sehari-hari bekerja sebagai asisten di tempat laundry kiloan yang terletak tak jauh dari rumahnya. Sementara suaminya, Jemi Bimusu, bekerja sebagai salah satu karyawan swasta perusahaan di Cibinong. Eni mengaku kurang mengetahui jenis pekerjaan kakak iparnya itu.

"Kalau mamanya kadang bantu-bantu yang punya laundry. Papanya (Jemi) karyawan tetap di Cibinong. Saya kurang begitu tahu dia kerja di perusahaan apa, yang jelas dia berangkat kerja dari pagi, pulangnya kadang lewat malam," ujar Eni.

Kriminologi.id kemudian mendatangi rumah Grace yang terletak di Blok K, Perumahan Bogor Asri,  RT 06 Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Bogor.

Rumah Grace berdekatan dengan Taman Lapangan Tanah Merah Perumahan Bogor Asri. Tepat di samping kiri rumahnya, terdapat warung kecil yang setiap hari kerap didatangi oleh warga sekitar, terutama para ibu dan anak-anaknya.

Sementara itu, di sisi kanan rumahnya bersebelahan dengan kebun pisang dan singkong yang cukup luas.

Sekitar 25 meter dari dari rumah Grace, terdapat markas Jaringan Komunikasi Udara (JKU) milik Polisi Masyarakat (Polmas) Polsek Cibinong, Bogor. Grace ditemukan terbungkus karung di kebon pisang yang letaknya tidak jauh dari lokasi markas JKU dan Taman Lapangan Merah.

Suasana berduka masih terasa kental dengan tenda terpal berukuran sedang terpasang di depan rumah Grace. Beberapa bangku plastik menghiasi bagian depan rumahnya. Di bagian depan tembok rumahnya, tampak kertas karton bertuliskan pengumuman berita duka cita. MG / 

Reporter: Erwin Maulana
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500