Ilustrasi Mayat Bayi. Ilustrasi: Kriminologi.id

Ibu Kandung Bayi Calista Bakal Dijerat Pasal Berlapis

Estimasi Baca:
Senin, 26 Mar 2018 16:05:33 WIB

Kriminologi.id - Sinta Noviana, ibu kandung yang juga tersangka atas kematian bayi Calista bakal dijerat pasal berlapis. Sinta diketahui melakukan penganiayaan terhadap anaknya yang baru berusia 1 tahun 3 bulan hingga mengakibatkan bayi malang itu meninggal dunia pada Minggu, 25 Maret 2018.

“Pelaku dalam hal ini adalah ibu kandung korban. Kami bakal menjeratnya dengan pasal berlapis,” kata Kasatreskrim Polres Karawang, Ajun Komisaris Maradonna Armin Mapaseng, di Karawang, Jawa Barat, Senin, 26 Maret 2018.

Adapun pasal berlapis itu, kata Armin, antara lain Pasal 44 ayat 2 dan ayat 3 UU RI no 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Penetapan pasal tersebut karena peristiwa penganiayaan oleh pelaku merenggut korban jiwa.

“Selain itu, UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang Jo Pasal 351 ayat 2 jika meninggal jadi ayat 3 Jo Pasal 64 KUHPidana," katanya.

Armin menjelaskan, bentuk penganiayaan yang dilakukan oleh Sinta terhadap bayi Calista yakni awalnya dengan mencubit korban, memukulnya, bahkan dikabarkan ada bekas luka sundutan rokok. Puncak penganiayaan terhadap korban yakni Sinta membanting Calista ke tembok hingga terpental membentur rak piring. Akibatnya, Calista luka parah di kepala bagian belakang hingga mengalami pendarahan hebat.

"Awalnya dicubit, lalu ada pukulan dan dorongan oleh pelaku kepada korban," ujarnya.

Saat ini, kata Armin, pelaku sudah diamankan di Mapolres Karawang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dari pengakuannya, pelaku merasa sedih ketika mengetahui anaknya meninggal dunia. 

“Saat ini kami akan mengajukan pemeriksaan psikologis bagi pelaku. Yang akan dilakukan oleh tim psikologi Polda Jabar,” ujarnya. TD

Reporter: Arief Pratama
Penulis: Tito Dirhantoro
KOMENTAR
500/500