Ilustrasi predator anak. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Kakek Yance Karol Dituntut 6 Tahun Penjara, Kasus Pencabulan di Ambon

Estimasi Baca:
Rabu, 23 Mei 2018 12:10:51 WIB

Kriminologi.id - Kakek Yance Carol Rante alias Opa Yan (60), terdakwa pencabul seorang bocah dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Ambon, Chaterina Lesbata.

Yance mencabuli bocah berusia 9 tahun di dalam kamarnya pada 28 Oktober 2017. 

"Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 82 ayat (1) Undang- Undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak," kata Chaterina di Ambon, Selasa, 22 Mei 2018.

Terdakwa juga dituntut bersalah karena melanggar pasal 290 ayat (2) KUH Pidana sehingga dituntut penjara selama enam tahun dan denda Rp 60.000 subsider tiga bulan kurungan dengan perintah tetap berada dalam tahanan.

Yang memberatkan terdakwa dituntut penjara dan denda karena perbuatannya telah menimbulkan trauma yang mendalam bagi korban dan membuat keluarga korban merasa malu.

Sedangkan yang meringankan adalah terdakwa berlaku sopan dan menyesali perbuatannya, terdakwa sudah berusia tua dan belum pernah dihukum.

Perbuatan terdakwa terhadap korban yang masih berusia sembilan tahun berawal dari pengaduan saksi Telly yang memergoki Opa Yan berada di dalam kamar bersama korban. Telly sempat memarahi terdakwa dan melaporkan kejadian ini kepada orang tua korban.

Awalnya terdakwa melihat korban sedang berdiri di depan pintu rumahnya. Setelah dihampirinya, pelaku kemudian mencabuli korban dengan menyentuh bagian terlarang.

Setelah itu korban diberikan uang Rp 5.000 dan diminta agar perbuatan yang baru dilakukannya tidak diceriterakan kepada orang lain.

Majelis hakim menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan pembelaan penasihat hukum terdakwa, Abdulbasir Rumagia.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500