Suasana rumah keluarga Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung di Cibinong, Bogor. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Kasus Kematian Grace, Misteri Dua Rumah Diberi Garis Polisi

Estimasi Baca:
Kamis, 3 Mei 2018 17:15:56 WIB
Polisi hingga kini masih menyelidiki kasus pembunuhan yang menimpa bocah berusia 5 tahun bernama Grace Gabriela Bimusu. Penyelidikan polisi mengarah kepada dua rumah yang telah diberi garis polisi.

Kriminologi.id - Pihak kepolisian dituding kurang sigap dalam menyelesaikan kasus tewasnya anak berusia lima tahun bernama Grace Gabriela Bimusu. Padahal, penyelidikan polisi dalam mengungkap kasus ini sudah mengarah ke dua unit rumah yang telah diberi garis polisi. Dua rumah itu disebut memiliki keterkaitan dengan tewasnya bocah nahas tersebut.

Kuasa hukum keluarga Grace, Tobi Ndiwa, mengatakan penyelidikan polisi dalam mengungkap tewasnya Grace terkesan mandek. Hingga kini penyelidikannya belum memberikan perkembangan selanjutnya dalam mengusut kasus ini. 

“Polisi sudah menyegel dua rumah yang diduga ada kaitannya dengan pembunuhan Grace.  Rumah pertama hanya terpisah dua rumah dari rumah korban. Rumah kedua hanya berjarak 500 meter dari rumah korban,” kata Tobi di kantor KPAI di Jalan Teuku Umar, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Mei 2018.

Lebih lanjut, kata Tobi, saat pihak keluarga berusaha mengkonfirmasi mengenai alasan kedua rumah tersebut di segel oleh pihak kepolisian, mereka tak mendapatakan jawaban yang memuaskan. 

“Kita sangat menyesalkan kinerja kepolisian RI, khususnya daerah kepolisian Bogor, yang sampai saat ini belum bisa mengungkapkan siapa pelakunya. Padahal disana TKP-nya sudah jelas,” ujarnya. 

Atas dasar kekecewaannya pada polisi, pihak keluarga Grace kemudian mengadukannya untuk meminta bantuan KPAI. Mereka berharap KPAI dapat membantu pihak penegak hukum untuk menuntaskan misteri kematian Grace. 

Grace diketahui ditemukan tewas terbungkus karung beras pada Selasa, 1 Mei 2018 pukul 02.00 WIB dini hari. Bocah yang gemar membaca dan berhitung itu ditemukan tewas di semak-semak dekat rumahnya di kawasan perumahan Bogor Asri sesaat setelah dinyatakan hilang pada Minggu siang. Saat ditemukan, Grace dalam kondisi memar di wajah. Perhiasaan yang digunakan Grace berupa anting pun hilang.

“Bibir bawah robek, pipi kanan dan kiri lebam,” ujar ayah Grace, Jimi Ananias. “Antingnya juga hilang. Itu anting emas.” TD

Reporter: Walda Marison
Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500