Ilustrasi penemuan bayi. Ilustrasi: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

Kisah Haru Penemu Bayi Merah di Pasar Minggu, Sempat Menangis 1 Jam

Estimasi Baca:
Jumat, 22 Jun 2018 16:40:32 WIB

Kriminologi.id - Penemuan bayi merah ditumpukkan sampah di Dang Daeng, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Juni 2018 sangat mengenaskan. 

Bayi berselimut kain batik ini tergeletak di atas sampah. Ahmad Hermanto (33), penemu bayi merah yang diprediksi berusia dua sampai tiga hari menuturkan kisah harus penemuan bayi sepanjang 40 sentimeter. 

Hermanto mengisahkan, sekitar pukul 18.00 WIB dirinya mendengar suara mirip anak kucing yang ditinggal induknya. Bayi merah ini sempat menangis selama satu jam sebelum akhirnya diselamatkan.

Namun sejam kemudian, suara jeritan itu terdengar lebih keras. Akan tetapi, suara itu berubah lebih mendekati tangisan seorang bayi. 

Karena curiga dengan suara jeritan itu, pria pekerja swasta ini langsung menghampiri sumber suara, yang jaraknya hanya satu meter dari lokasi kediamannya. 

Setiba ditumpukkan sampah, dirinya terkesiap melihat sesosok bayi masih merah berada di atas sampah. 

"Ternyata, ditumpukkan sampah tersebut ditemukan bayi," tutur Kapolsek Pasar Minggu Kompol Harsono saat dihubungi Kriminologi.id di Jakarta, 22 Juni 2018.

Harsono melanjutkan, Hermanto melaporkan temuannya ke kantor kelurahan setempat, bayi tersebut langsung dibawa menuju Rumah Sakit Siaga Raya yang terletak di Pejaten, Pasar Minggu untuk mendapatkan perawatan.

Harsono menambahkan, ketika ditemukan, bayi tersebut hanya dibalut kain batik saja. Hasil diagnosa dokter, bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut panjang 43 sentimeter dan berat 3 kilogram.  

"Umur Bayi sekitar 2-3 hari, berat badan sekitar 3 kilogram, dengan panjang 43 centimeter. Tali pusarnya sudah dalam keadaan terpotong. Badannya dibalut kain batik warna coklat," ujar Harsono.

Hingga kini, kepolisian masih belum menemukan siapa orangtua dari bayi laki-laki tersebut. Oleh karena itu, Harsono menyampaikan, pihaknya akan menelusuri temuan bayi tersebut lebih lanjut.

"Sampai saat ini kami belum menemukan siapa orangtua bayi tersebut. Kami akan mencari keterangan dari saksi. Kami juga akan mengecek CCTV milik warga yang mengarah ke area Gang Daeng," kata Harsono.

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500