Komisioner KPAI Rita Pranawati (01/03/2018). Foto: Ist/Kriminologi.id

Komisioner KPAI: Pelaku Penculikan Bayi Aditya di Depok Motifnya Baru 

Estimasi Baca:
Rabu, 2 Mei 2018 14:20:48 WIB

Kriminologi.id - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati, menilai motif penculikan bayi Aditya Hamizan Purnomo tergolong baru. Rita menyatakan pengakuan pelaku menculik bayi karena agar diperhatikan suami keduanya itu merupakan motif baru. 

"Biasanya penculik bayi itu motifnya karena ekonomi, kalau yang di Depok itu lain. Karena tekanan sosial ingin punya anak malah menculik, ini motif baru. Dan ini gangguan psikologis," ujar Rita Pranawati, Rabu, 2 Mei 2018. 

Rita menjelaskan secara umum penculikan bayi itu untuk diperdagangkan sehingga mendapatkan uang. Biasanya, pelaku penculikan pun orang terdekat yang sudah saling mengenal. Akan tetapi, berbeda dengan kasus penculikan di Depok.  

Pihaknya juga mempertanyakan kepedulian lingkungan tempat tinggal yang dianggap kurang perhatian terhadap tetangganya. 

"Kok tetangga sekitarnya nggak ada yang curiga kalau ada orang yang tiba-tiba punya bayi tanpa melihat proses kehamilan sebelumnya?" ujarnya. 

Adalah Sumiati atau yang biasa dipanggil Sisil, peculik bayi Aditya saat ditinggal Marliana, ibu kandungnya ke warung dekat rumah. Bayi Aditya ditinggal di ruang depan rumah bersama kakaknya oleh Marliana.
 
Bayi Aditya diculik dari rumah kontrakannya di Jalan Maliki II RT 04/RW 02, Sukmajaya, Depok, Jumat, 27 April 2018 pagi.

 MSA
KOMENTAR
500/500