Makam Bayi Diduga Korban Malapraktik Dibongkar, Daging Jadi Sampel

Estimasi Baca :

Ilustrasi bayi. Foto: Unsplash.com - Kriminologi.id
Ilustrasi bayi. Foto: Unsplash.com

Kriminologi.id - Makam seorang bayi di Manokwari, Papua Barat dibongkar tim forensik dari Polda Papua Barat pada Sabtu, 2 Juni 2018. Pembongkaran makam tersebut dilakukan karena diduga sang bayi menjadi korban malapraktik. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, Ajun Komisaris Besar Hary Supriyono, mengatakan pembongkaran itu dilakukan untuk proses autopsi jasad bayi yang dilahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

“Kasus ini terjadi sekitar bulan Februari 2018. Beberapa hari setelah meninggal dan dikubur baru keluarga membuat laporan polisi," kata Hary.

Hary menyebut, penyidik Reserse Kriminal Khusus Polda Papua Barat bakal mengusut kasus ini. Autopsi dilakukan pihaknya untuk memperoleh alat bukti dugaan malapraktik yang melibatkan beberapa dokter rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

Proses autopsi, lanjut Hary, dipimpin oleh Ketua Tim Forensik Bhayangkara Polda Papua Barat, Komisaris Pol dr Eko Yunianto, dibantu tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda.

"Pembongkaran kami mulai jam 10.00 WIT. Pemeriksaan kami laksanakan di lokasi pemakaman setelah selesai jasad dikubur kembali," kata Hary.

Pelaksanaan autopsi dikawal personel Sabhara dan disaksikan penyidik yang menangani kasus ini. Pihak keluarga dan rohaniawan pun mendampingi proses tersebut hingga selesai.

"Autopsi ini dilakukan untuk memperkuat proses penyidikan dan pembuktian perkara. Ini bagian yang tak boleh diabaikan dalam pengungkapan kasus tersebut," kata Hary.

Tim forensik belum bisa menjelaskan hasil dari pemeriksaan jasad bayi itu. Daging dan beberapa bagian tubuh bayi dibawa sebagai sampel untuk diteliti di laboratorium.

Baca Selengkapnya

Home Renata Anak Makam Bayi Diduga Korban Malapraktik Dibongkar, Daging Jadi Sampel

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu