Screenshoot video penemuan belasan anak laki-laki dan pelatih sepak bola terjebak di dalam gua Tham Luang di Thailand. @ThaiSEAL/Facebook

Murid dan Pelatih Bola Terjebak dalam Gua Ditemukan Kelaparan

Estimasi Baca:
Selasa, 3 Jul 2018 10:45:16 WIB

Kriminologi.id - Dua belas anak laki-laki dan pelatih sepakbolanya yang terjebak di dalam gua Tham Luang, Thailand selama 9 hari berhasil ditemukan dalam keadaan hidup.

Mereka ditemukan oleh dua penyelam Inggris yang ikut melakukan operasi pencarian maraton di lubang-lubang gua yang tertutup karena banjir.

Dilansir BBC, Selasa, 3 Juli 2018, dua penyelam Inggris yang menemukan belasan anak laki-laki dan pelatih sepak bolanya itu adalah Rick Stanton dan John Volanthen.

Keduanya mengaku butuh beberapa jam hingga akhirnya menemukan lubang tempat para korban bertahan pada Senin, 2 Juli 2018.

Penemuan dramatis itu terekam dalam video yang diunggah melalui akun Facebook pasukan khusus Angkatan Laut Thailand.

Dalam video itu tampak belasan bocah yang memakai seragam klub sepak bola berwarna merah dan bercelana pendek duduk di atas tumpukan lumpur yang digenangi air di dalam lubang gua.

Seorang penyelam sembari menyorotkan senternya melontarkan pertanyaan yang dibalas dari dalam gua oleh seseorang yang mengerti bahasa Ingris.

"Berapa orang kamu?" tanya penyelam.

"Tiga belas," kata seseorang dalam gua.

"Tiga belas? Brilian!" timpal sang penyelam.

Salah seorang dari mereka kemudian bertanya kapan mereka akan dibawa ke tempat aman. Namun salah seorang penyelam yang menemukan mengatakan untuk menunggu bantuan datang.

"Tidak hari ini. Hanya kita berdua. Kita harus menyelam. Kita akan datang. Banyak orang akan datang," kata penyelam.

Belasan anak-anak yang telah lebih dari sepekan terjebak di dalam gua itu juga kelaparan dan meminta penyelam untuk membawakan makanan kepada mereka.

"Makan, makan, makan. Beri tahu kami lapar!" teriak anak laki-laki yang berusia belasan tahun itu.

Penemuan 12 anak laki-laki dan seorang pelatih sepakbolanya yang terjebak di dalam gua Tham Luang di Chiang Rai ini diumumkan oleh Gubernur Provinsi Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn.

Ia mengatakan seluruh korban dalam keadaan selamat namun misi penyelamatan belum selesai hingga korban bisa dievakuasi ke luar gua.

"Misi kota mencari, menyelamatkan, dan membawa mereka kembali pulang. Kami baru menemukan. Misi selanjutnya adalah mengeluarkan mereka dari gua dan membawa pulang," katanya.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500