Suasana rumah keluarga Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung di Cibinong, Bogor. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Pembunuh Grace Bimusu Tetangga Dekat, Dikenal Kerap Mencuri

Estimasi Baca:
Jumat, 25 Mei 2018 08:45:36 WIB

Kriminologi.id - Pembunuh bocah perempuan berusia 5 tahun di Perumahan Bogor Asri, Cibinong, Kabupaten Bogor, Grace Gabriela Bimusu, akhirnya terungkap. Pelaku merupakan tetangga korban yang berjarak 3 rumah dari rumah korban. Pelaku yang masih berusia 15 tahun berinisial R, dikenal kerap mengambil barang milik warga.

Setelah pihak kepolisian melakukan penyelidikan selama 24 hari, akhirnya mengungkap pelaku pembunuhan sadis terhadap Grace. Jimi Aninas Bimusu, ayah kandung Grace, melalui sambungan telepon kepada Kriminologi.id, Kamis, 24 Mei 2018, mengatakan pelaku merupakan tetangganya sendiri.

"Iya, pelakunya sudah ditangkap waktu hari Selasa, orang tuanya juga ikut dibawa. Memang tetangga dekat. saya kenal dia, kenal orang tuanya juga. Bener-bener engga nyangka, kaget juga," ujar Jimi.

Menurut Jimi, R merupakan anak dari pasangan L dan E yang rumahnya hanya berjarak 3 rumah dari rumah kediaman keluarga korban. Jimi bahkan mengaku mengenal dekat sosok ayah R.

Menurut Jimi, R dinilainya merupakan tetangga dekat yang ramah. Bahkan menurut Jimi, R sering berkomunikasi dengan Grace. 

“Kalau jajan ya ke warungnya mama Hanif juga, ya saya sekeluarga pasti lihat dia kalau lewat rumah. Kan kalau kemana-mana pasti lewat sini. Saya masih engga nyangka kalau dia pelakunya," ujar Jimi.

Jimi menjelaskan, R sempat dikenal oleh para tetangga di sekitarnya, kerap mengambil barang-barang milik warga yang tinggal dekat dengan rumahnya.

"Ya memang sih, dia dikenal pernah beberapa kali ngambil barang punya orang (tetangga). Dulu saya inget dia pernah ditanyain orang-orang sini karena ngambil HP tetangga dekatnya, rumah yang HP-nya diambil juga engga jauh dari rumah saya," ingat Jimi.

Jimi juga menambahkan, pada Kamis 24 Mei 2018, aparat Reskrim Polres Kabupaten Bogor sudah melakukan gelaran prarekonstruksi.

"Iya, tadi sudah ada pra-rekonstruksi. Anaknya dibawa mobil polisi. Pas tadi dia dateng terus turun dari mobil sempet langsung emosi juga saya," tukas Jimi.

Grace dinyatakan hilang oleh orang tuanya pada 30 April 2018 siang. Terakhir, putri bungsu pasangan Jimi Bimusu dan Immy Nancy Elisa Simatupang tersebut terlihat bermain di dekat pos ronda, tidak jauh dari masjid Perumahan Bogor Asri.

Korban yang tewas dalam bungkusan karung ternyata ditemukan warga di kebun pisang dan singkong yang tidak jauh dari rumahnya pada Selasa dini hari, 1 Mei 2018. AS

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500