Bayi Aditya tengah digendong oleh Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto. Foto: Ist/Kriminologi.id

Pengakuan Sunaryo, Kaget Lihat Bayi Korban Penculikan Diasuh Istrinya

Estimasi Baca:
Senin, 30 Apr 2018 19:07:10 WIB

Kriminologi.id - Aparat Polresta Depok menggerebek satu rumah kontrakan Sunaryo (46) dan istrinya Unarsih Sulistyowati (45) di Jalan Maliki II RT 04/RW 02, Sukmajaya. Sunaryo mengaku tidak mengetahui bahwa Aditya Hamizan Purnomo, bayi berusia 25 hari yang ada di rumahnya merupakan korban penculikan. Sunaryo mengakui bahwa istrinya dititipi bayi oleh Sumiati, pelaku penculikan dan berjanji akan mengambilnya kembali pada Minggu, 29 April 2018.

Kriminologi.id mendatangi Sunaryo di tempat kerjanya sebagai sopir mobil sewaan di dekat Pasar Agung Jalan Proklamasi, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, Kota Depok. Tiba di tempat kerjanya, Sunaryo sedang berkumpul dengan beberapa sopir lain.

Sejak Unarsih istrinya ditangkap polisi, Sunaryo mengaku sangat terkejut. Sunaryo menegaskan bahwa dia tidak mengetahui bahwa Aditya merupakan bayi yang diculik oleh Sisil, panggilan Sumiati.

"Kulo (saya) kaget banget, mas. Saya ndak tahu apa-apa tiba-tiba udah ada bayi aja. Awalnya saya kan lagi kerja, nyopir ke Kebayoran Baru waktu hari Sabtu (28/04/18). Pulang ke rumah setengah 12 malem. Pas nyampe rumah kok tiba-tiba ada bayi,” kata Sunaryo kepada Kriminologi.id, Senin, 30 April 2018.

Melihat adanya bayi di rumahnya, Sunaryo kemudian menanyakan ke istrinya, Unarsih. Sunaryo menambahkan, kala itu Unarsih mengaku dititipi bayi Aditya karena Sumiati kala itu beralasan bahwa ia akan bekerja pada esok paginya. Sumiati pun berjanji akan mengambil kembali bayi Aditya pada Minggu pagi, 29 April 2018.

“Dia ndak bilang mau kerja apa, mau kerja kemana, kerja dimana, kerja sama siapa, kerja sampe jam berapa, bu Sisil ndak bilang. Tapi dia bilang ke istri saya mau ngambil lagi bayinya besok pagi. hari Minggu," ujar Sunaryo.

Penangkapan pelaku penculikan bayi Aditya Hamizan Purnomo dilakukan jajaran Polresta Depok di rumah pelaku penculikan di Jalan Maliki, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Senin 30 April 2018.

Bayi Aditya masih mengenakan baju dan kain biru yang digunakan menutupi kepalanya. Pelaku penculikan, Sumiati mengenakan kerudung berwarna ungu sedangkan penadahnya memakai kerudung merah. 

Saat ditemukan, bayi Aditya masih mengenakan kaos yang sama serta kain biru seperti saat terakhir diletakkan Marliana, ibu kandung bayi sebelum diculik. AS

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500