Polisi Bocorkan Ada Pasal Persetubuhan di Kasus Pembunuhan Grace

Estimasi Baca :

Foto Grace Gabriela yang dibawa sang ayah Jemi Anannias saat mendatangi kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Foto: Walda Marison/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Foto Grace Gabriela yang dibawa sang ayah Jemi Anannias saat mendatangi kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Sidang pembunuhan Grace Gabriela Bimusu yang digelar pada Senin, 4 Juni 2018 sempat diwarnai kericuhan. Penyebabnya, pihak keluarga korban atau Grace tidak dilibatkan untuk menyaksikan secara langsung proses pembacaan dakwaan terhadap tersangka RI yang masih berusia 15 tahun selama persidangan. 

Mendapat perlakukan demikian, sontak ayah Grace, Jimi Aninas Bimusu melayangkan protes. Jimi sempat bersitegang dengan beberapa petugas kepolisian. Menurut Jimi, dirinya beserta keluarganya tak dilibatkan dalam pembacaan dakwaan karena kasus pembunuhan Grace terdapat pasal persetubuhan yang disangkakan kepada tersangka yang masih di bawah umur. 

Saat dikonfirmasi via telepon selular, Jimi Aninas Bimusu sebenarnya sudah mengetahui adanya pasal persetubuhan dalam kasus pembunuhan yang menimpa anak kandungnya itu. Jimi mengaku mengetahuinya setelah pihak Polres Bogor membocorkannya kepadanya. 

“Sudah, kami sudah mengetahui adanya pasal seperti itu (pasal persetubuhan). Tapi, bukan dari pihak pengadilan yang memberikan informasi bacaan dakwaan tersebut kepada kami, tapi dari penyidik Polres Bogor yang memberi tahu saya secara pribadi di luar gedung pengadilan,” kata Jimi kepada Kriminologi.id saat dikonfirmasi dari Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018.

Sementara itu, mengenai adanya dakwaan pasal persetubuhan tersebut, Jimi mengaku pihaknya sudah menduganya sebelum hari persidangan digelar.

"Keluarga kami memang sudah menduganya. Sebab, jauh hari ketika olah TKP dan keterangan dari para penyidik setelah selesai olah TKP juga menyampaikan demikian. Kami juga sekeluarga sudah ada dugaan ke arah sana," tutur Jimi.

Sementara itu, perihal mengenai pihak pengadilan yang tidak melibatkan keluarganya dalam gelaran persidangan, Jimi juga mengaku kesal dan merasa bingung.

"Untuk urusan itu, silakan tanya ke pihak mereka (pengadilan) saja lansung. Kami juga heran, sudah seharusnya kami dilibatkan, agar kami tahu bagaimana prosesnya, bagaimana kelanjutannya. Kami sebagai keluarga sangat berhak mengetahui semua proses persidangan. Saya juga belum tahu pasti kenapa mereka (pengadilan) melarang kami ikut terlibat persidangan," ujar Jimi. TD

Baca Selengkapnya

Home Renata Anak Polisi Bocorkan Ada Pasal Persetubuhan di Kasus Pembunuhan Grace

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu