Polres Bandung melakukan rilis kasus penculikan bayi berusia lima hari. Foto: Arief Pratama/Kriminologi.id

Polisi Periksa Suami dan Mertua Penculik Bayi Untuk Telusuri Motif

Estimasi Baca:
Sabtu, 14 Jul 2018 17:00:19 WIB

Kriminologi.id - Kasus penculikan bayi berusia lima hari di Rancasari, Kota Bandung masih ditelusuri oleh Polrestabes Bandung. Untuk mengungkap kasus penculikan ini, suami dan ibu mertua dari pelaku Leni Marlina diperiksa polisi.

"Ini kan suaminya ikut menjemput, dan ibu mertuanya juga ikut menjemput sewaktu Leni minta dijemput di depan klinik, masih kita dalami terus, " jelas Kanit PPA Satreskrim Polrestabes Bandung Ipda Denia, Sabtu, 14 Juli 2018.

Pemeriksaan terhadap mertua dan suaminya, kata Denia, untuk menggali keterangan seputar kehamilan, perilaku pelaku, serta penjemputan yang dilakukan saksi kepada pelaku di depan klinik.

Petugas kepolisian juga terus menggali keterangan dari para saksi perihal perilaku pelaku yang ketakutan karena ia mengalami keguguran.

Kata Denia, saat itu, pelaku memilih untuk menculik bayi agar suaminya tidak meninggalkan pelaku atau melakukan perselingkuhan dengan perempuan lain.

"Ada pengakuan pelaku, jika menculik bayi merupakan alasan agar suaminya tak meninggalkan pelaku atau berselingkuh," kata Denia.

https://cdn.kriminologi.id/news_picture_thumb/5b4862f7ebbec-1531470583-30ae43ad1aa0a416699051b73a3dfcf6.jpg

Menurut Denia, terkait dengan kemungkinan adanya tersangka baru dalam penculikan bayi berusia lima hari milik Siti Nurcahya dan Riki Buki itu masih dilakukan pendalaman.

"Kami menggali dulu informasi saksi dan kita konfrontir dengan pernyataan pelaku," kata Denia.

Menurut Denia, kondisi kejiwaan pelaku sejauh pemeriksaan menunjukkan kondisi stabil. 

"Hanya kaget saja. Syok karena terungkap aksi rekayasanya perihal baru melahirkan, " kata Denia.

Sebelumnya diberitakan, bayi perempuan berusia lima hari menjadi korban pencurian oleh perempuan yang mengaku bernama Amel di Kota Bandung, Jawa Barat. Bayi perempuan milik pasangan Siti Nurcahya dan Riki Buk ini dilahirkan pada Minggu, 7 Juli 2018 di bidan di kawasan Adipura atau dekat rumah Siti atau ibu korban.

Bayi ini diculik pelaku Amel yang memiliki nama asli Leni Marlina pada Kamis, 12 Juli 2018 sekitar pukul 13.00 WIB. Dua jam kemudian, ibu korban melaporkan kejadian ini kepada petugas setempat.

Bayi tersebut berhasil diselamatkan oleh petugas Polrestabes Bandung malam harinya sekitar pukul 20.00 WIB. Pelaku Leni kemudian ditangkap petugas. Usai menangkap pelaku, bayi yang belum diberi nama itu lalu diserahkan ke pihak keluarga korban yang tinggal di Kelurahan Mekarjaya, RT 06 RW 02 Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Akibat dari perbuatannya, Leni dijerat dengan Pasal 83 juncto Pasal 76f undang-undang perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. YH | RZ

Reporter: Arief Pratama
Penulis: Yenny Hardiyanti
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500