Dok. Sara Nicole Resko, Foto: Facebook Marion County Sheriff's Office

Polisi Tangkap Ibu Telantarkan Anak, Tubuh Balitanya Korengan

Estimasi Baca:
Kamis, 2 Ags 2018 16:50:10 WIB

Kriminologi.id - Seorang ibu di Florida, Amerika Serikat bernama Sara Nicole Resko, tega menelantarkan enam orang anaknya di dalam rumah hingga kondisinya memperihatinkan. Tubuh anak balitanya penuh koreng yang diselimuti belatung di bagian atasnya. 

Saat ditemukan polisi, tubuh salah seorang dari enam anaknya itu terdapat luka menganga yang bagian atasnya dipenuhi belatung. 

Aksi penelantaran orang tua terhadap anaknya itu terungkap polisi setelah menerima laporan melalui panggilan 199 pada Selasa, 31 Juli 2018 tentang dua anak perempuan berkeliaran di jalan lingkungan Porter Shores. 

Anak perempuan itu hanya mengenakan baju tanpa penutup dari pinggang ke bawah. Seorang saksi memberikan handuk kepada anak itu sehingga dia bisa menutupi sebagain anggota tubuhnya.

Polisi melihat tubuh kedua anak itu penuh luka yang bagian atasnya ditutupi belatung. 

Kondisi rumah Sara Nicole Resko yang memprihatinkan, Foto: Facebook Marion County Sheriff's Office
Kondisi rumah Sara Nicole Resko yang memprihatinkan, Foto: Facebook Marion County Sheriff's Office

Kondisi anak perempuan ini relatif lebih baik daripada kakak lelakinya yang juga masih kecil. Bocah lelaki yang usianya terpaut dua tahun lebih tua itu memiliki banyak luka menganga di bagian lengan, kaki, dada, punggung, dan wajahnya.

"Seorang anak perempuan berusia 2 tahun yang tidak berpakaian lengkap dan seorang bocah 4 tahun ditemukan penuh dengan kutu dan ditutupi dengan luka terbuka," kata Departemen sheriff Marion County, seperti dilansir laman Facebook Marion County Sheriff's Office, Kamis, 2 Juli 2018.

Setelah berhasil menemukan dua anak tersebut, polisi kemudian diarahkan ke empat anak lainnya yang usianya lebih tua, juga tengah mengendarai sepeda.

Kepada polisi, anak-anak yang berusia 6 tahun, 8, 9 dan 13 itu mengatakan bahwa ibu mereka, Resko meninggalkan mereka sendiri ketika sedang bekerja.

Kantor sheriff Marion County melaporkan, tempat tinggal Resko kekurangan makanan, air dan listrik. Adapun anak-anaknya tidur di atas kasur telanjang di lantai. Mereka mengatakan rumah itu juga dibanjiri lalat dan dikotori dengan kotoran anjing.

Kondisi rumah Sara Nicole Resko yang memprihatinkan, Foto: Facebook Marion County Sheriff's Office
Kondisi rumah Sara Nicole Resko yang memprihatinkan, Foto: Facebook Marion County Sheriff's Office

Departemen sheriff mengatakan bahwa semua anak-anak tersebut memiliki koreng yang dipenuhi belatung.

Saat Resko kembali ke rumah, ia bertemu polisi dan mengaku hanya keluar selama beberapa menit. Namun, dikutip dari laman Facebook Marion County Sheriff's Office, setelah meninjau lebih dalam tentang Resko, polisi menemukan dua insiden yang dilaporkan sebelumnya yakni pada 13 April 2017 dan 2 Februari 2018 di mana anak-anak ditinggalkan tanpa pengawasan.

Departemen Anak dan Keluarga (DCF) menanggapi insiden pada 2 Februari, dan menerapkan rencana pengawasan dengan Resko, yang diperintahkan untuk tidak mengizinkan anak berusia 13 tahun untuk mengasuh adik-adiknya.

"Polisi akhirnya memutuskan bahwa Resko gagal dalam berbagai kesempatan untuk memberikan perawatan dan pengawasan bagi anak-anak ini," kata departemen sheriff.

Mereka mengatakan telah menangkap Resko dengan tuduhan penelantaran anak. Adapun keenam anaknya ditempatkan di rumah penampungan DCF.

Reporter: Marselinus Gual
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500