Evakuasi jasad Grace Gabriela, bocah yang ditemukan tewas di dalam karung. Foto: Beeby Riyan Timor/Facebook

Prarekonstruksi Pembunuhan Grace Berjalan Tegang, Orang Tua Dihadirkan

Estimasi Baca:
Jumat, 25 Mei 2018 18:00:16 WIB

Kriminologi.id - Prarekonstruksi pembunuhan Grace Gabriela Bimusu yang berlangsung pada Kamis, 24 Mei 2018 berlangsung ramai dan menegangkan. Terlebih ketika diketahui bahwa ternyata pembunuh anak perempuan berusia 5 tahun anak pasangan Jimi Aninas Bimusu dan Nancy Bimusu Simatupang tersebut ternyata tetangga dekat.

Ketua RT 06 Perumahan Bogor Asri, Kelurahan Nanggewer, Joko Bandung menjelaskan, prarekonstruksi digelar oleh jajaran Reserse Kriminal Polres Kabupaten Bogor.

"Gelaran prarekonstruksi  dilaksanakan oleh Polres Kabupaten Bogor, mas. Berlangsung secara terbuka, itu disaksiin banyak orang. Keluarganya Grace juga pada hadir, yang dari Cibinong hadir, yang dari Cikarang hadir, yang dari Kupang juga ada," ujar Joko kepada Kriminologi.id ketika dikonfirmasi via telepon pada Jumat 25 Mei 2018.

Joko menambahkan, selain dari keluarga Grace, selaku ketua RT 06, ia menjadi satu-satunya yang turut dilibatkan dalam gelaran prarekonstrusi. Akan tetapi, Joko tidak diperbolehkan mendokumentasikan gelaran tersebut.

"Selain keluarganya Grace, ya saya yamg disuruh ikut pra-rekonstruksi. Tapi, selama saya disuruh ikut itu saya sama sekali engga boleh memfoto, bikin video, bahkan saya engga boleh berkomentar. Jadi dari awal prarekonstrukai sampai selesai ya saya cuma menyaksikan alurnya, mas, mingkem aja kalau mulut," imbuh Joko. 

Sementara itu, Joko menambahkan, tidak hanya pelaku E saja yang turut diikutsertakan dalam gelaran prarekonstruksi, kedua orangtua pelaku L dan E juga turut disertakan.

"Wah kalau pelaku ya jelas ikut, kedua orangtuanya juga ikut. Jadi, total dari pihak pihak pelaku ada 3 orang yang ikut proses prarekonstruksi," tukas Joko.

Joko menambahkan, suasana sepanjang gelaran pra-rekonstruksi berlangsung cukup menegangkan. Ketika Joko melihat raut wajah keluarga Grace, terlihat bahwa mereka menyimak betul dengan serius sepanjang gelaran tersebut.

"Wah tegang banget mas, bener-bener serius. Saya lihat keluarganya Geace juga tegang semua, merhatiin semua. Pak Jimi sama bu Nancy pas mereka lihat pelaku sih kelihatan kayak kaget sama marah giti, mas, tegang semua," tujar Joko.

Joko juga menyampaikan gelaran prarekonstruksi yang berlangsung di Perumahan Bogor Asri, Blok K3, Nomor K3, RT 06, Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor tersebut disaksikan banyak warga, termasuk yang dari luar RT 06. RZ

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500