Jasad bayi Calista saat disemayamkan di rumah duka di Karawang, Jawa Barat. Foto: Humas Polres Karawang

Sinta, Ibu Bayi Calista Akui Tak Sanggup Hidup Sendiri Usai Bercerai

Estimasi Baca:
Rabu, 28 Mar 2018 13:29:50 WIB
Hasil pemeriksaan psikologis terhadap Sinta menyatakan bahwa Sinta tidak mengalami stres atau tekanan mental.

Kriminologi.id - Sinta, ibu bayi Calista, yang melakukan penganiayaan terhadap anak kandungnya hingga tewas mengakui jika dirinya tidak sanggup hidup sendiri usai bercerai. Hasil pemeriksaan kondisi kejiwaan yang dilakukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karawang, menyatakan Sinta dalam keadaan baik.

Pembina Komnas Perlindungan Anak Pusat, Bimasen, mengatakan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihaknya, Sinta tidak mengalami stres atau tekanan mental.

"Tidak mengalami stres atau kesehatan kejiwaan, dan itu ada hasilnya dari psikologis yang dilakukan oleh tim P2TP2A," kata Bimasen saat ditemui di kantor Polrestabes Bandung, Rabu, 28 Maret 2018.

Bimasena memastikan bahwa penanganan kasus Sinta sudah sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"Penanganan sudah sesuai prosedur hukum, dan itu harus dilakukan secara profesional," kata Bimasen menambahkan.

Sementara itu, menurut Bimasen, terkait permasalahan Sinta yang ditemuinya, menyatakan bahwa masalah utamanya adalah persoalan ekonomi yang sedang membelit.

Bayi Calista saat masih menjalani perawatan di RSUD Karawang. Foto: Humas Polres Karawang
Bayi Calista saat masih menjalani perawatan di RSUD Karawang. Foto: Humas Polres Karawang

"Memang diakui Sinta ada masalah ekonomi, terkait ayahnya ke mana dan Sinta tidak sanggup menjalani hal ini sendirian jadi beban bagi Sinta," ujar Bimasen.

Bima juga berharap, dari kasus serupa yang terungkap terkait kekerasan terhadap anak, harus menjadi perhatian banyak pihak.

"Faktornya banyak, karena ini sebenarnya menjadi tanggung jawab bersama. Termasuk dalam hal persiapan pranikah hingga punya anak, itu harus diberikan bekal oleh lembaga terkait," ujarnya.

Sebelumnya, Calista, bayi yang berumur satu tahun tiga bulan meninggal dunia. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Calista sempat dirawat di RSUD Karawang dalam keadaan koma selama 15 hari. Kondisi yang dialami bayi Calista itu karena dianiaya ibu kandungnya.

Sinta ditetapkan tersangka oleh penyidik Polres Karawang atas tindakannya itu. Sinta disebut telah membina rumah tangga sebanyak dua kali dan kerap gagal. Selain itu, Sinta juga mengalami himpitan ekonomi yang kerap mengganggu kehidupannya.

Reporter: Arief Pratama
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500