Rumah Kediaman keluarga Naryo, RT 04/02, Abadijaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, yang dijadikan sebagai tempat penadahan bayi Aditya. Foto: Erwin Maulana/Kriminologi.id

Sosok Sisil, Penculik Bayi Aditya di Depok Ternyata Misterius

Estimasi Baca:
Selasa, 1 Mei 2018 10:25:32 WIB

Kriminologi.id - Sosok Sumiati atau yang biasa dipanggil Sisil, peculik bayi Aditya dari tangan Marliana, ternyata tak banyak dikenal oleh Sunaryo, suami Unarsih Sulistyowati. Unarsih merupakan orang diduga menjadi penadah bayi Aditya yang rumahnya digerebek polisi di Jalan Maliki, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Senin 30 April 2018.

Menurut penuturan Sunaryo kepada Kriminologi.id, Sisil merupakan sosok misterius. Dia mengaku tidak begitu dekat dengannya, begitu pula dengan istrinya. 

Sunaryo dan istrinya hanya mengenal Sisil ketika penculik bayi Aditya tersebut menyewa rumah kontrakan yang berlokasi tidak jauh dari rumah kontrak keluarga Sunaryo beberapa tahun lalu.

"Saya sama istri sebenernya juga ndak tahu banyak bu Sisil itu kayak gimana. Kenalnya ya waktu dulu dia ngontrak di kontrakannya bu Ati, engga jauh dari rumah kontrakan saya,” ujar Sunaryo saat ditemui Kriminologi.id di tempat kerjanya sebagai sopir mobil sewaan di dekat Pasar Agung Jalan Proklamasi, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, Kota Depok, Senin, 30 April 2018.

Menurut Sunaryo, istrinya kerap bertemu dengan Sisil sebelum peristiwa penculikan bayi Aditya itu terjadi.

“Dulu pas kenal juga ya engga tahu banyak, cuma kenalan, paling nanya kalo pas ketemu, ya seringnya sih ketemu sama cuma saya ndak tahu pasti siapa bu Sisil, gimana dia dulunya pernah bikin ulah apa juga saya ndak tahu," ujar Sunaryo.

Sunaryo dan istri hanya bisa bertanya-tanya mengenai sosok misterius Sumiati yang tiba-tiba menitipkan bayi Aditya kepada istrinya. 

Unarsih Sulistyowati (45) dan Sumiati ditangkap polisi karena dugaan kasus penculikan bayi Aditya di rumah kontrakannya di Jalan Maliki II RT 04/RW 02, Sukmajaya, Depok, Senin, 30 April 2018.

Penangkapan pelaku penculikan bayi Aditya Hamizan Purnomo dilakukan jajaran Polresta Depok, Jawa Barat setelah menyelidiki kasus tersebut.

Bayi Aditya masih mengenakan baju dan kain biru yang digunakan menutupi kepalanya. Pelaku penculikan, Sumiati mengenakan kerudung berwarna ungu sedangkan penadahnya memakai kerudung merah. 

Saat ditemukan, bayi Aditya masih mengenakan kaos yang sama serta kain biru seperti saat terakhir diletakkan Marliana, ibu kandung bayi sebelum diculik. AS

Reporter: Erwin Maulana
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500