Foto Grace Gabriela yang dibawa sang ayah Jemi Anannias saat mendatangi kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

Terungkap, Pembunuh Grace Bimusu Ternyata Tetangganya Sendiri

Estimasi Baca:
Kamis, 24 Mei 2018 21:30:03 WIB

Kriminologi.id - Teka-teki pelaku pembunuhan Grace Gabriela Bimusu di Perumahan Bogor Asri, Bogor akhirnya terungkap. Pelakunya tak lain tetangga korban berinisial R. Pelaku adalah seorang remaja pria berusia 15 tahun.

Kasus ini berhasil diungkap Polres Kabupaten Bogor setelah melakukan penyelidikan sekitar 24 hari sejak kematian tragis Grace.

Informasi ini dibenarkan Jemi Ananias Bimusu, ayah kandung Grace. Pria asal Kupang, NTT itu mengaku sama sekali tak menyangka pembunuh anaknya adalah tetangganya sendiri. 

Dikonfirmasi via telepon selular, Jimi Aninas , sangat tidak menyangka bahwa ternyata pembunuh anak kandungnya tersebut ialah seorang anak laki-laki berinisial R (15) yang yang ternyata merupakan tetangga dekatnya sendiri.

"Iya, pelakunya sudah ditangkap waktu hari Selasa (22/05). Orang tuanya juga ikut dibawa. Memang tetangga dekat," kata Jemi saat dihubungi Kriminologi.id, via telpon, Kamis, 24 Mei 2018. 

Jemi mengatakan R merupakan anak dari pasangan L dan E, yang rumahnya hanya berjarak 3 rumah dari rumahnya. Jemi juga mengaku cukup mengenal L, ayah R.

"Rumah mereka deket banget, cuma jarak tiga rumah lah. Rumahnya dia agak ke pojok, dekat rumah saya kan ada rumah kosong, nah rumahnya mereka agak ke sana lagi. Ayahnya kerja di pabrik, kalau ibunya di rumah. Dulu ibunya juga pernah nge-laundry ke istri saya. Ya, pas ketemu sih baik-baik aja," ujar Jemi.

Grace ditemukan tewas terbungkus dalam karung beras pada Selasa, 1 Mei 2018 pukul 02.00 pagi. Ia ditemukan tewas di semak semak dekat rumahnya di kawasan perumahan Bogor Asri sesaat setelah dinyatakan hilang pada Minggu siang.

Menurut Jemi, awalnya Grace keluar rumah sekitar pukul 10.00 WIB, pada Senin, 30 April 2018. Ia bermain bersama teman-temannya di sekitar rumah. Namun tak lama kemudian, petugas keamanan komplek melihat Grace bermain sendirian di depan sebuah warung di Perumahan Bogor Asri. 

Setelah itu Grace sudah tidak terlihat lagi sesaat setelah warga melihatnya bermain di depan warung. Jemi mulai curiga anaknya hilang. Pasalnya, Grace selalu pulang pukul 12.00 WIB siang jika sudah selesai bermain.

Jemi membuat laporan ke Polresta Bogor atas hilangnya Grace, selang beberapa saat setelah melapor ke polisi. 

Reporter: Erwin Maulana
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500