Ilustrasi Perdagangan Orang. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Bayaran Besar Alasan Remaja Bekasi Tertarik Jadi Pemandu Lagu di Papua

Estimasi Baca:
Rabu, 2 Mei 2018 19:35:19 WIB
Korban perdagangan manusia berinisial WN tergiur bekerja menjadi pemandu lagu di daerah Nabire, Papua karena dijanjikan bayaran cukup tinggi oleh penyalurnya.

Kriminologi.id - Remaja putri berusia 16 tahun asal Kota Bekasi, Jawa Barat, berinisial WN tergiur bekerja menjadi pemandu lagu di daerah Nabire, Papua karena dijanjikan bayaran cukup tinggi oleh penyalurnya bernama Ika Dewi Ratnawati. 

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, Ajun Komisaris Besar Jarius Saragih, mengatakan pelaku Ika Dewi Ratnawati mengiming-imingi korban WN dengan bayaran tinggi ketika WN menemani laki-laki hidung belang. 

"Jadi, korban ini dibayar Rp 100 ribu per jam. Tugasnya nemein tamu. Hal itulah diduga yang menjadi daya Tarik, sehingga akhirnya korban mau bekerja di Papua," kata Saragih di Mapolrestro Bekasi Kota, Jawa Barat, Rabu, 2 April 2018.

Saragih mengungkapkan, selama tiga bulan hidup di Papua atau tepatnya sejak Februari 2018, korban tinggal di mes yang disediakan oleh pemilik karaoke. Namun untuk menempati mes itu, korban harus membayar uang sewa yang besarannya belum diketahui.

"Belum tahu untuk harganya berapa, namun dia harus bayar itu," kata Saragih.

Korban WN hingga kini masih berada di Papua bekerja sebagai pemandu lagu. Pihak kepolisian Kota Bekasi telah melakukan koordinasi dengan Polres Papua guna memulangkan WN.

"Kami masih berkoordinasi agar korban bisa segera pulang ke Bekasi. Saat ini masih dalam proses," ucap Saragih.

Seperti diketahui, WN pergi ke Papua bekerja sebagai pemandu lagu setelah dikenalkan dengan seorang penyalur bernama Ika Dewi Ratnawati melalui rekannya bernama Novi.

Setelah dijelaskan ihwal perkerjaan yang ditawarkan Ika, WN segera berangkat menuju Papua dengan jaminan yakni ijazah SMP miliknya. Adapun Ika diketahui menerima Rp 2 juta dari pemilik karaoke di Papua. 

"Uang itu dibagi, Rp 1,5 juta untuk ID dan Rp 500 ribu untuk NY," katanya. TD

KOMENTAR
500/500