Ilustrasi Penangkapan tersangka. Foto: Freepik.com

Jual Remaja Putri ke Papua, Pelaku Ditahan Usai Ayah Korban Melapor 

Estimasi Baca:
Senin, 30 Apr 2018 21:53:15 WIB

Kriminologi.id - Kepolisian telah menahan Ika Dewi Ratnawati, penyalur yang memberangkatkan remaja putri berusia 16 tahun berinisial W untuk dipekerjakan sebagai pemandu lagu di sebuah tempat karoke di daerah Nabire, Papua.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Komisaris Besar Indarto membenarkan pihaknya telah menahan Ika Dewi Ratnawati setelah mendapat laporan orang tua korban bernama Hendrik (55). 

"Iya (sudah ditahan Polres)," jawab Indarto singkat kepada kriminologi.id saat ditanya mengenai kasus perdagangan manusia tersebut di Bekasi, Jawa Barat, Senin malam, 30 April 2018.

Terkait status penahanan Ika Dewi Rahmawati oleh Polres Metro Bekasi Kota, Indarto enggan menjelaskan status Ika saat ini, apakah sudah ditetapkan sebagai tersangka atau belum.

"Nanti kami ekspose," kata Indarto.

Sementara itu, Kabag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Komisaris Polisi Erna Ruswing Andari, mengatakan kepolisian sedang mendalami kasus yang dilaporkan oleh Hendrik pada Senin pagi, 30 April 2018.

“Masih dilakukan pendalaman terkait kasus tersebut, sabar ya," ucap Erna.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa yang menimpa W bermula sekitar 1,5 bulan lalu. Saat itu, W yang baru lulus sekolah menengah pertama (SMP) ingin bekerja karena tak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan SMK. 

“Saya juga gak bisa maksa, karena kami juga tahulah keadaan keuangan kami tak bisa sekolahin dia,” kata Hendrik, orang tua korban.

Keinginan W ingin segera bekerja semakin menggebu. Sampai-sampai keinginannnya itu dia ceritakan kepada temannya bernama Novi. Mendengar cerita temannya itu, Novi menyarankan agar W menghubungi Ika Dewi Rahmawati yang ternyata diketahui sebagai germo.

W dan Novi kemudian bertandang ke rumah Dewi di daerah Bekasi Timur. Kepada Dewi, korban menceritakan keinginan untuk bekerja. Dewi yang saat itu melihat adanya kesempatan mengatakan bakal mencarikan pekerjaan. Dewi menawarkan W pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga di Papua. Untuk menjadi pembantu rumah tangga, korban W harus memberikan izazah terakhirnya sebagi jaminan. TD

Reporter: Rahmat Kurnia
Penulis: Tito Dirhantoro
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500