Pixabay.com

Kepala Sekolah Pukuli Siswanya Gara-gara Merokok dan Minum Miras

Estimasi Baca:
Jumat, 27 Jul 2018 11:05:51 WIB

Kriminologi.id - Kepala Sekolah SMA PGRI Jayapura, Janet Berotabui memukuli siswanya lantaran merokok dan meminum minuman keras. Pemukulan kepada siswa itu diakui Janet sebagai tindakan tegas. 

“Saya pasti pukul siswa yang merokok dan minum minuman keras (miras)," kata Janet di Jayapura, Papua, pada Jumat, 27 Juli 2018.

Janet menjelaskan, pemukulan yang dilakukan terhadap siswanya itu dilakukan karena kesal. Pasalnya, sang murid tak menggubris teguran Janet yang telah disampaikannya berulang kali. 

“Sebelum dipukul sudah diperingati berulang kali tetapi tidak mendengar maka dipukul,” ujarnya.

Janet mengaku, dirinya tak sembarang tempat melakukan pemukulan terhadap siswanya tersebut. Menurutnya, dia tahu tempat dimana kelemahan manusia yang bisa membuat seseorang meninggal.

Setelah siswa yang bersangkutan dipukul, kata Janet, pihaknya mengarahkan siswa tersebut ke ruang kelas. Di situlah, Janet menyampaikan kesalahan sang siswa tersebut mengapa ia dipukul.

“Tindakan itu dilakukan dengan tujuan agar ada perubahan, dan dengan tindakan itu siswa mau untuk berubah,” ujarnya.

Dia menambahkan, memang pemukulan yang dilakukannya melanggar hak asasi manusia atau HAM. Namun, jika siswa itu hanya ditegur saja tidak akan berubah. Akibatnya, ia tidak bisa menghargai guru dan orang tuanya sendiri.

"Harus ada kekerasan fisik namun tidak sampai membuat siswa itu sakit keras dan meninggal," ujarnya. RZ

Penulis: Tito Dirhantoro
Redaktur: Reza Yunanto
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500