Ilustrasi geng motor/Kriminologi.id

Korban Saudara Pelaku Ungkap Aksi Geng Motor Remaja di Cengkareng

Estimasi Baca:
Kamis, 6 Sep 2018 21:30:16 WIB

Kriminologi.id - Belasan anggota geng motor yang tergabung dalam dua kelompok berhasil ditangkap lantaran keterangan seorang korban yang merupakan saudara dekat dari salah satu tersangka.

Kanit Reskrim Polsek Cengkareng AKP Antonius mengatakan, penangkapan belasan anggota geng motor di bawah umur tersebut bermula saat polisi mendapat laporan dari beberapa korban penganiayaan yang dilakukan para pelaku.

Namun, dari keterangan salah seorang korban menyebut, satu dari puluhan anggota geng motor merupakan saudara dekatnya. Polisi kemudian mendalami keterangannya untuk mengetahui identitas para pelaku.

"Ada salah satu korban yang merupakan saudara salah satu tersangka. Dari situ kita lidik kembali dan mendapatkan identitas pelaku," ucap Antonius di Mapolsek Cengkareng, Kamis, 6 September 2018.

Dengan bermodalkan informasi itu, polisi langsung bergerak dan menangkap seorang pelaku yang merupakan saudara korban. Sayangnya saat disinggung mengenai identitas pelaku dan korban, ia enggan menjelaskannya dengan alasan keduanya masih di bawah umur.

Namun, Antonius menyebut, dari keterangan pelaku itu pihaknya berhasil menangkap beberapa pelaku lainnya di kediamannya masing-masing.

"Dari keterangan tersangka itu kita kembangkan dan kita tangkap belasan pelaku lainnya," kata Antonius.

Sebelumnya diberitakan, belasan anggota geng motor kelas teri yang menamakan dirinya sebagai geng Slow dan Taniwan berhasil dibekuk setelah menganiaya beberapa orang di tiga lokasi berbeda. Bahkan, para korban penganiayaan itu harus menjalani perawatan intensif lantaran menderita luka yang cukup serius.

Aksi brutal geng motor itu bermula saat kedua kelompok itu berkumpul di tanah lapang yang berada di kawasan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Belasan anggota kedua geng yang kebanyakan merupakan anak di bawah umur itu terlebih dahulu menenggak minuman keras alias miras, pada Sabtu 1 September 2018.

Usai menenggak miras itu, belasan anggota yang diketahui berinisial RA (20), BS (15), NS (17), GF (16), E (16), AS (16), MF (14), A (22), R (17), AR (19), AG (20), FR (18), AB (19), dan FA (17), sereta beberapa remaja yang masih buron, kemudian mengendarai motornya masing-masing dan menyisir sejumlah kawasan untuk mencari korbannya.

"Mereka muter-muter sekitaran Cengkareng saja, lokasi pertama itu di Jalan Peternakan, kawasan Jembatan Genit dan wilayah Kapuk," ucap Kapolsek Cengkareng, Kompol Khoiri di Mapolsek Cengkareng, Kamis, 6 September 2018.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500