KPK Telisik Gratifikasi Zumi Zola dari 14 Anggota DPRD Jambi

Estimasi Baca :

Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli (09/05/2018). Foto: Instagram  - Kriminologi.id
Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli (09/05/2018). Foto: Instagram

Kriminologi.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap 14 anggota DPRD Provinsi Jambi yang diduga mengetahui gratifikasi yang melibatkan Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola.

Pemeriksaan dilakukan di Mapolda Jambi dibagi selama dua hari yaitu Senin, 9 Juli 2018 kemarin, hingga hari ini, Selasa, 10 Juli 2018.

Pada pemeriksaan kemarin, penyidik KPK memeriksa para unsur pimpinan DPRD yaitu Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston dan tiga wakil ketua yaitu AR Sahbandar, Supardi, dan Chumaidi. 

Sedangkan hari ini giliran para anggota DPRD yang menghadapi pemeriksaan penyidik KPK. Total ada 14 orang anggota dewan yang diperiksa oleh penyidik Komisi antirasuah.

Ketua DPRD Jambi, Cornelis Buston usai pemeriksaan mengakui kalau dirinya dihadapkan dengan 30 pertanyaan dari penyidik.

"Kami memberikan keterangan untuk melengkapi berkas perkara Zola," diakui Cornelis.

Cornelis menambahkan pemeriksaan yang dijalaninya hanya untuk mempertegas pemeriksaan sebelumnya dan yagn hanya sekadar mengulang pertanayaan yagn telah ada di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

KPK sebelumnya telah menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka tindak pidana korupsi menerima gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi Tahun 2014-2017.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi.

Keempat tersangka itu, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin. NL

Baca Selengkapnya

Home Renata Remaja KPK Telisik Gratifikasi Zumi Zola dari 14 Anggota DPRD Jambi

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu