Ilustrasi geng brutal. Ilustrasi: Kriminologi.id

Remaja Tewas di Tangan Geng Sadis, Cita-cita Jadi Detektif Kandas

Estimasi Baca:
Senin, 25 Jun 2018 19:05:14 WIB

Kriminologi.id - Seorang remaja tewas ditikam anggota geng jalanan Trinitarios di New York City, AS. Lesandro "Junior" Guzman-Feliz (15) yang bercita-cita menjadi detektif di kepolisian, tewas setelah diseret keluar dari sebuah toko saat terjadi perkelahian antar geng di kawasan Bronx pada Rabu, 20 Juni 2018.

Sebagaimana ditulis Foxnews.com, begitu berada di luar toko, sekelompok orang, yang diyakini anggota geng jalanan Trinitarios menusuk Guzman-Feliz beberapa kali. Remaja yang terluka parah itu tertatih-tatih menuju Rumah Sakit St. Barnabas, namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Polisi mengatakan korban mengetahui para tersangka. Polisi juga menyebut bahwa semua tersangka adalah bagian dari geng, kecuali Guzman-Feliz.

"Dia mencoba lari ke toko karena dia pikir dia akan aman. Mereka menyeretnya dari toko seperti anjing. Dia bukan penjahat," kata kakak perempuannya, Genesis Collado-Feliz (17).

Guzman-Felix korban pembunuhan anggota geng Trinitaros di Bronx, AS (20/6/2018). Foto: @NYPDnews/Twitter
Guzman-Felix korban pembunuhan anggota geng Trinitaros di Bronx, AS (20/6/2018). Foto: @NYPDnews/Twitter

Kepala Kepolisian New York (NYPD) Terence Monahan mendeskripsikan pembunuhan Guzman-Feliz sebagai salah satu kejahatan paling brutal yang pernah dilihatnya selama 36 tahun karier kepolisiannya.

Beberapa setelah penyelidikan, terutama berkat rekaman wajah diduga pelaku yang beredar, polisi kemudian melakukan penangkapan terhadap lima anggota Trinitarios, pada Minggu, 24 Juni 2018. Dua tersangka dilaporkan ditahan di Bronx, sementara tiga lainnya dilacak ke Paterson, New Jersey.

Menurut anggota geng yang ditangkap, Guzman-Feliz merupakan korban salah sasaran. Anggota geng jalanan Trinitarios dilaporkan meminta maaf kepada keluarga Guzman-Feliz.

Kasus penikaman ini mendapat kecaman dari penyanyi Rapper Cardi B yang juga berasal dari Bronx.

Penyanyi dengan lantun "I Like It" itu menyumbangkan USD 8.000 kepada keluarga Guzman-Feliz melalui halaman GoFundMe. Penggalangan dana itu telah mengumpulkan lebih dari USD 133.000 pada Minggu malam.

Keluarga Guzman-Feliz mengatakan korban terdaftar dalam program pemuda NYPD Explorers dan mimpinya adalah menjadi detektif untuk kota.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500