RJT, remaja penghina Presiden RI Joko Widodo. Foto: Ist/Kriminologi.id

Tak Ditahan, Remaja Penghina Jokowi Diinapkan di Panti Sosial

Estimasi Baca:
Jumat, 25 Mei 2018 15:24:49 WIB

Kriminologi.id - Polisi tidak melakukan penahanan terhadap RJT, remaja yang menghina dan melontarkan ancaman pembunuhan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui sebuah video yang viral di media sosial. Remaja berusia 16 tahun itu hanya dititipkan di Panti Sosial Marsudi Putra Handayani.  

"Si anak itu tidak ditahan tapi hanya ditempatkan di tempat anak yang berhadapan dengan hukum sesuai dengan Pasal 32:2 UU No 11 tahun 2012 ttg sistem peradilan anak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat 25 Mei 2018.

Di panti sosial tersebut, RJT ditempatkan bersama anak anak dibawah umur yang terlibat permasalahan hukum. Sementara teman RJT yang ikut merekam video tersebut masih terus diinterogasi.

"Temannya yang merekam sudah kita lakukan interogasi tapi masih belum selesai sampai sekarang," pungkasnya.

Sedangkan RJT sudah menjalani pemeriksaan di Direskrimum Polda Metro Jaya pada Rabu, 23 Mei 2018. 

Dalam video yang diperoleh Kriminologi.id dari pengguna akun Facebook bernama Eris Riswandi, tampak seorang pemuda berkamacata sambil bertelanjang dada mengeluarkan kata-kata kasar bernada ancaman pembunuhan dengan cara bakal menembak Presiden Jokowi di bagian kepala.

“Gua tembak kepalanya. Gua pasung kepalanya. Liat nih. Ini kacung gua nih. Dia kacung gua. Gua pasung kepalanya. Liat mukanya tuh. Jokowi gila. Gua bakar rumahnya. Presiden, gua tantang lu, cari gua 24 jam, lu ngga nemuin gue, gue yang menang. Salam Jordani," kata pemuda tersebut sembari memegang bingkai foto Presiden Jokowi sambil menunjuk-nunjuk wajahnya. 

Reporter: Walda Marison
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500