Rumah korban Pengeroyokan di Belleza, Jakarta Selatan. Foto: Rizki Aditya/Kriminologi.id

Tewas Dikeroyok Geng Motor, Ari Haryanto Sosok Anak yang Baik

Estimasi Baca:
Senin, 3 Sep 2018 16:05:09 WIB

Kriminologi.id - Ari Haryanto (16) tewas dikeroyok oleh sekelompok anggota geng motor di Jalan Soepeno, Kelurahan Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Menurut kesaksian warga, siswa kelas 2 SMA itu merupakan sosok anak yang baik dalam hidup hariannya.

Ngatmi, tetangga korban mengatakan, Ari biasanya jarang bermain di luar rumah. Remaja itu banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

"Jarang kelihatan di luar, pasti ada di rumah kalau dia (Ari). Kalau kumpul sama temannya juga di dekat sini," kata Ngatmi kepada Kriminologi.id di Komplek DPR I Jalan Sidik Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin, 3 September 2018.

Menurut Ngatmi, keluarga juga mendidik korban untuk hidup disiplin. Ia harus berada di rumah sebelum pukul 22.00 WIB.

Ngatmi sendiri mengaku tidak begitu mengetahui kejadian yang menimpa korban. Dari cerita yang didengarnya dari keluarga korban, Ari merupakan korban begal.

"Bukan tawuran tapi dibegal, kalau cerita keluarganya itu dia dibegal waktu mau pulang," kata Ngatmi.

Ari Haryanto tewas setelah diserang sekelompok geng motor di Jalan Soepeno, Kelurahan Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu, 1 September 2018 pukul 04.00 WIB. Ari diserang tiba-tiba saat tengah berkendara bersama temannya.

Penyerangan bermula ketika korban bersama rekannya, Rohan Sanap, sedang mengendarai motor dari Bulungan Blok M ke arah Fly Over Permata Hijau. Dalam perjalanan, tiba-tiba dari arah belakang datang  sebanyak 10 orang dengan menumpang sepeda motor dan membawa senjata tajam. Keduanya diikuti dari belakang.

Tak lama kemudian, satu pelaku menendang motor yang ditumpangi saksi hingga membuat motor yang dinaiki keduanya terjatuh. Saat itu, rekannya Rohan berhasil melarikan diri. Sementara Ari jatuh tertimpa sepeda motor. Di saat tak berdaya, para pelaku menyerang Ari.

Ari yang terkepung menjadi bulan-bulanan sepuluh anggota geng motor tersebut. Akibat serangan itu, Ari menderita luka bacok di sekujur tubuhnya. Setelah puas membacok korban, para pelaku kemudian langsung melarikan diri.

Korban yang tinggal di Komplek DPR I Jalan Sidik Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu, kemudian dibawa ke RS Medika Permata Hijau dalam keadaan kritis oleh rekannya yang sebelumnya melarikan diri untuk meminta pertolongan.

Reporter: Rizky Adytia
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500