Cuplikan video Guru SMK di Purwokerto Tampar Siswa dalam Kelas. Foto: Ist/Kriminologi.id

Viral di Media Sosial, Guru SMK Purwokerto Tampar Murid Jadi Tersangka

Estimasi Baca:
Jumat, 20 Apr 2018 18:02:09 WIB

Kriminologi.id - Seorang guru komputer sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Purwokerto berinisial LS yang menampar 9 muridnya telah ditetapkan menjadi tersangka. Aksi LS menampar muridnya itu terekam dalam video yang tersebar secara viral di media sosial.

"Sudah ditetapkan menjadi tersangka," kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara ketika dihubungi Kriminologi.id, Jumat, 20 April 2018.

Bambang mengatakan, pelaku dijerat dengan Pasal 80 ayat 1 Undang-Undang nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 351 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana penjara 3 tahun 6 bulan.

Sebelum menetapkan pelaku sebagai tersangka, polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang saksi termasuk pelaku dan para siswa yang menjadi korban kekerasan yang dilakukan pelaku.

Bambang menambahkan, polisi juga telah menyita barang bukti sebuah telepon seluler yang digunakan untuk merekam aksi kekerasan fisik yang dilakukan pelaku terhadap siswanya itu.

Sementara itu terkait beredarnya video yang menampilkan tindakan kekerasan tersebut, pelaku yang merupakan guru tidak tetap itu telah membuat video klarifikasi yang diunggah ke media sosial untuk menjelaskan tindakan yang dilakukan tersebut.

Namun, menurut Bambang, video klarifikasi tersebut tidak akan menghilangkan perbuatan pelaku yang diduga melanggar hukum terutama UU Perlindungan Anak.

Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500